Jakarta (ANTARA) - Hub olahraga Dash Sports resmi menggelar Jakarta Short Course dan Dash Basketball Tournament, yang masing-masing di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno (GBK) Senayan Jakarta dan Respect Basketball Arena BSD Tangerang Selatan pada Kamis.

Adapun Jakarta Short Course merupakan kejuaraan renang yang diikuti oleh setidaknya 300 perenang beragam umur dari 30 klub renang di Jawa, Bali dan Sumatra.

Sementara Dash Basketball Tournament diikuti oleh pebasket dari 60 klub di wilayah Jabodetabek, dengan rentang umur 8 hingga 40 tahun, berkompetisi dalam sembilan kategori umur selama sebulan penuh.

"Olahraga renang dan bola basket tidak hanya menjadi salah satu dari olahraga bergengsi yang cukup populer di masyarakat, namun belakangan ini menjadi sorotan atas sejumlah prestasi nasional dan internasional yang berhasil diraih oleh para atletnya," kata CEO Dash Sports Alit Aryaguna dalam keterangan resmi.

"Lewat peran strategis ini, Dash Sports memiliki harapan besar untuk mampu mempersembahkan platform kejuaraan olahraga yang bergengsi sekaligus berprestasi bagi bibit-bibit olahragawan muda dalam mengekspresikan diri dan membuktikan kemampuan terbaik mereka," ujarnya menambahkan.
Dash Basketball Tournament. (ANTARA/HO/Dash Sports)

Jakarta Short Course pun diselenggarakan di kolam renang pendek berukuran panjang 25 meter yang secara resmi didukung dan mendapat rekomendasi langsung dari PB Akuatik Indonesia, dihelat 19-21 Oktober.

Peserta adalah perenang anak-anak dengan rentang umur 11-18 tahun dengan nomor lomba antara lain gaya bebas 50-800 meter, gaya punggung dan dada 50-200 meter.

Dash Sports berkolaborasi dengan Spectra Works, perusahaan penyedia mesin & perangkat lunak olah raga pertama di Indonesia untuk renang.

Baca juga: Dash Sports dukung pembinaan atlet melalui kejuaraan Aqua Challenge
Baca juga: Dash Festival usung tema dan semangat “Urban Sports”


Lebih lanjut, Jakarta Short Sourse digagas untuk menjadi sebuah platform dalam upaya mengidentifikasi calon atlet maupun atlet berbakat yang mungkin mewakili sekolah, klub, atau bahkan negara di kompetisi tingkat yang lebih tinggi.

Sementara, Dash Basketball Tournament adalah sebuah turnamen bola basket antarklub bola basket dan sekolah serta umum yang diramaikan oleh keikutsertaan lebih dari 1.000 pebasket dari 60 klub bola basket se-Jabodetabek yang turun berlomba di 9 kategori umur dengan rentang umur 8 tahun hingga 40 tahun.

Total lebih dari 200 pertandingan dipertandingkan selama 1 bulan penuh di Respect Basketball Arena dan dipimpin oleh para wasit PERBASI.

Dalam setiap kategori umur yang dilombakan akan dipilih satu pemain bola basket terbaik bertajuk Best Player Award. Selain itu ada juga 3-point challenge dan Shooting Challenge dengan ragam jarak.

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023