Jakarta (ANTARA) - Hub olahraga Dash Sports menggelar Dash Festival dengan membawa tema dan semangat “Urban Sports” sebagai bentuk perayaan tahun ketiga mereka sekaligus peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh awal September.

“Merayakan momen istimewa ulang tahun ketiga Dash Sports sekaligus Hari Olahraga Nasional ini kami menghadirkan kegiatan olahraga yang seru dan berkualitas seperti Dash Fest Vol. 2 ini untuk pegiat olahraga,” kata CEO Dash Sports Alit Aryaguna saat ditemui di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu.

Lebih lanjut, Alit mengatakan pihaknya mengambil tema “Urban Sports” untuk menjawab antusiasme tinggi masyarakat Jakarta, khususnya komunitas-komunitas lari atau olahraga. Ia pun melanjutkan, ada setidaknya 500 peserta yang mengikuti ajang ini.

“Lomba lari tetap menjadi yang favorit karena merupakan core dari Dash Sports. Selain itu, nomor yang dilombakan juga berbeda dengan nomor lomba yang umum dilombakan, karena hanya di Dash Fest ini peserta dapat merasakan sensasi berlomba di lintasan lari (track) layaknya para atlet berkompetisi,” jelas Alit.

Ia menyampaikan pandemi membawa banyak perubahan di masyarakat yaitu tingkat kesadaran masyarakat untuk sehat semakin tinggi dan salah satu kegiatan untuk menunjang kesehatan adalah olahraga, terutama di kota-kota besar.

“Urban sports menjadi pilihan karena membawa warna yang berbeda pada dunia olahraga. Olahraga menjadi tidak selalu harus dilakukan di fasilitas olahraga saja, tetapi bisa di mana saja dan dapat dilakukan dengan alat apa saja,” kata Alit.

“Hal ini membuat olahraga menjadi menarik bagi siapa saja dan nonatlet pun bisa ikut mencoba olahraga yang sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh seorang atlet,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Pelarian Weekenders ajang seimbangkan kesehatan mental dan fisik

Selain nomor lari Individu One Mile dengan jarak 1.600 meter dan Mixed Relay dengan jarak 100 meter x 4, Dash Festival juga menghadirkan Mat Pilates for Runners, Urban Work Out lead by Coach Nano, dan Boot Camp by Bodyfit.

Lebih jauh ia menyampaikan Thalassemia Movement menjadi salah satu ajang exhibition di Dash Festival kali ini.

Para penderita Thalassemia akan menyuarakan kampanye kesadaran dengan jogging, berlari sejauh 400 meter bersama di track Stadion Madya. Ini bagian dari upaya mengangkat kewaspadaan terkait penyakit Thalassemia kepada masyarakat.

Baca juga: Ratusan pelari hadiri kegiatan Runner Night Gathering pada akhir pekan
Baca juga: IFG Labuan Bajo Marathon 2023 akan digelar pada November


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023