Jakarta (ANTARA) - Ratusan pelari yang berasal dari puluhan komunitas menghadiri kegiatan Runner Night Gathering, di Jakarta, pada Jumat.

Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian persiapan kegiatan lomba lari Victoria Run 2023, yang rencananya akan berlangsung di QBIG BSD, Banten, 29 Oktober mendatang.

Event Director Victoria Run 2023 Muhammad Rakhmadani menjelaskan bahwa kegiatan itu digelar agar dapat memberi informasi menyeluruh kepada para pelari mengenai sejumlah hal teknis yang perlu diketahui.

"Jadi kami memang membuat acara ini untuk salah satunya yang pertama bagian dari tanggung jawab sosial kami untuk meningkatkan gaya hidup sehat, gaya hidup modern yang baik, yang bagus dengan kesibukan-kesibukan, namun tetap perhatian dengan olahraga," kata Rakhmadani seperti dikutip dalam keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Acara itu diperkirakan akan diikuti 4.000 peserta, serta berlangsung sekaligus untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-29 Bank Victoria.

Pada ajang ini, para pelari dapat memilih untuk berpartisipasi di beberapa kategori. Mulai dari kategori paling ringan yakni 5 kilometer, kemudian 10 kilometer, 21 kilometer, sampai dengan 29 kilometer.

"Bertepatan dengan tahun ini kami ulang tahun ke-29. Jadi kami bikin event 29 km mungkin di event-event lainnya tidak ada," ucap Rakhmadani.

Sedangkan perihal pemilihan QBIG BSD sebagai area lomba lari, disampaikan Rakhmadani karena kawasan tersebut dapat memberikan kenyamanan bagi para pelari.

Menurut Rakhmadani, penyelenggaraan ajang lomba lari di Jakarta sudah terlalu ramai, serta sulit untuk membuat jalan menjadi steril.

"Kami pikir-pikir cari tempat yang enak dan mudah terjangkau gampang nanti dilalui berbagai wilayah. Kami pikir satu udaranya bagus di BSD, kami juga bisa bikin steril jalannya jadi kami pikir untuk ajangnya dicoba untuk di BSD," pungkasnya.

Ajang-ajang marathon belakangan memang kembali marak di Indonesia, terutama setelah meredanya kasus COVID-19 yang sempat melumpuhkan dunia olahraga.

Sebagai contoh, dua pekan lalu, Jakarta Half Marathon digelar di Jakarta, sedangkan sepekan silam Maybank Marathon 2023 berlangsung di Bali.

Jadwal lomba lari marathon juga diperkirakan masih akan padat sampai akhir tahun, seperti yang akan diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, pada November silam dengan mengusung nama IFG LAbuan Bajo Marathon 2023.

Baca juga: Maybank Marathon 2023 tarik 13.600 peserta dari 50 negara
Baca juga: IFG Labuan Bajo Marathon 2023 akan digelar pada November

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023