Jakarta (ANTARA) - Ajang UI Ultra Marathon 2023 akan menghadirkan kategori lari baru yang bisa diikuti oleh peserta, baik dari kalangan alumni Universitas Indonesia maupun masyarakat dan penggemar olahraga lari.

“Akan ada kategori individu, relay atau estafet, serta kategori grup berisikan 10 pelari yang merupakan kategori baru dari marathon kali ini,” kata Ketua Pelaksana sekaligus Race Director UI Ultra Marathon 2023 Freddy Hendradjaja dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis.

Freddy menjelaskan, kategori grup terbaru ini memungkinkan sebanyak 10 pelari untuk berlari bersama di sepanjang rute berjarak 70 km yang diadakan di area Universitas Indonesia, Depok, pada 17 Desember itu. Kategori lari ini akan digelar pada pukul 15.30 WIB dan diharapkan menambah nilai persahabatan dan keceriaan marathon. Sementara, untuk dua kategori lainnya akan dimulai pada pukul 06.00 WIB.

“Kategori baru grup 10 itu memang cukup banyak pesertanya (yang mendaftar). Sifatnya jadi lebih ke fun run dan ajang silaturahmi antara alumni dan komunitas pelari,” ujar Fredddy.

Untuk edisi kali ini, Freddy mengatakan UI Ultra Marathon mengalami peningkatan jumlah peserta yang telah mendaftar, yakni hampir mencapai 1.800 orang. Pada edisi sebelumnya, ajang marathon ini diikuti oleh hampir 1.000 peserta.

Dengan bertambahnya jumlah peminat, Freddy berharap UI Ultra Marathon tak hanya menjadi ajang menjalin tali persaudaraan antara sesama alumni, namun juga diharapkan mampu berkontribusi pada penggalangan dana untuk mendukung berbagai aksi sosial, terutama pada bidang pendidikan.

Dana yang terkumpul akan digunakan, antara lain, mendukung Dana Abadi Universitas Indonesia dan pemberian beasiswa bagi mahasiswa dari keluarga prasejahtera melalui program Beasiswa ILUNI FEB UI.

“Kita juga ingin berkontribusi untuk Dana Pendidikan Abadi UI. UI memiliki (target) untuk meningkatkan Dana Abadi khususnya untuk kepentingan akademik. Kami sebagai alumni pun ingin kontribusi kepada almamater kami,” kata Freddy.

Lebih lanjut, pada UI Ultra Marathon 2023 juga akan menghadirkan panggung hiburan, bazar, hingga area khusus pelari ultra individual dan relay beristirahat.

Di area tersebut, terdapat water station, dan pelari dapat mengonsumsi makanan minuman, serta disiapkan tenaga medis dan fisioterapis.

Baca juga: Pertamina Eco RunFest 2023 dihadiri sekitar 20.000 pengunjung
Baca juga: Bank BTN sukses gelar BTN Jakarta Run 2023


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023