Jakarta (ANTARA) - Kegiatan lomba lari Indonesia Financial Group (IFG) Labuan Bajo Marathon (LBM) 2023 direncanakan digelar pada Sabtu, 4 November.

Panitia optimistis kegiatan yang berlangsung di Waterfront City Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, itu bisa mencapai target  diikuti 1.500 pelari dari dalam dan luar negeri.

"Pada penyelenggaraan tahun lalu, ajang LBM diikuti 1.200 peserta dan mendapatkan respon yang sangat positif dari pemangku kepentingan dan masyarakat Labuan Bajo," kata Direktur Utama IFG Hexana Tri Sasongko di Jakarta, Jumat sore.

Hexana menambahkan bahwa lomba lari itu merupakan bagian dari upaya untuk mendorong kegiatan ekonomi, serta untuk menjalankan arahan Kementerian BUMN untuk melakukan pembinaan atlet olahraga atletik.

Baca juga: Dua pelari Kenya pecahkan rekor di Maybank Marathon 2023

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi NTT, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, BUMN Runners, dan sejumlah instansi lainnya yang telah telah berpartisipasi dan mengirimkan para pelarinya pada penyelenggaraan IFG Labuan Bajo Marathon 2022, sekaligus kami mengundang kembali para pelari untuk berpartisipasi pada Labuan Bajo Marathon," tambahnya.

Pada LBM 2023, terdapat sejumlah pilihan lomba lari yang dapat dipilih oleh para peserta. Pilihan tersebut adalah full marathon 42 km, half marathon 21 km, 10 km, dan 5 km.

Selain memperebutkan hadiah total senilai Rp500 juta, terdapat pembeda dari LBM tahun lalu. Pembeda tersebut adalah pemberian bonus hadiah sebesar Rp10 juta bagi pemenang yang mampu memecahkan rekor tahun lalu.

Baca juga: Bupati Pasuruan: Bromo Marathon berdampak pertumbuhan ekonomi kreatif

Untuk menarik minat para peserta, panitia penyelenggara akan mengadakan tiket bundling, sehingga para pelari dapat menikmati perjalanan setelah mengikuti perlombaan, dengan adanya tawaran paket penginapan, perjalanan, dan wisata di Labuan Bajo.

Untuk memastikan perlombaan dilakukan sesuai dengan syarat dan ketentuan olahraga atletik, panitia penyelenggara menggandeng perwakilan dari PB PASI.

Race Director LBM 2023 Satrio Guardian, menegaskan bahwa keamanan dan kenyamanan para pelari menjadi prioritas dalam pemilihan rute.

"Rute akan menghadirkan keindahan alam dan melewati ikon-ikon Labuan Bajo. Kami ingin memberikan pengalaman lari yang berkesan dan aman bagi semua peserta," tutur Satrio.

Baca juga: Pemprov DKI promosikan MRT lewat ajang Jakarta Half Marathon 2023

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023