dipanen seluas 5 hektar
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah provinsi DKI Jakarta memberikan 500 kg bibit padi kepada dua Kelompok Tani (Poktan) di Semanan, Jakarta Barat, yakni Poktan Jawa Indah dan Poktan Karya Tani untuk mendukung usaha pertanian masyarakat yang berlokasi di perbatasan wilayah Jakarta Barat dan Kota Tangerang

"Ini bentuk dukungan kami kepada perkembangan usaha pertanian Poktan di sini. Semoga semakin membawa pertumbuhan bagi sektor pertanian di Jakarta Barat," ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati, Kamis.

Pemberian bibit padi tersebut dilakukan usai panen padi yang dilakukan oleh Poktan Jawa Indah bersama Dinas KPKP DKI Jakarta dan Pemkot Jakarta Barat di RT 01/04, Semanan, Kalideres. Pada kesempatan tersebut, mereka juga memberikan bantuan bibit padi varietas Ciherang sebanyak dua kantung yang masing-masing isi 5 kilogram kepada Poktan Jawa Indah.

Suharini menyebut, total padi yang di panen sebanyak 32,5 ton dari lahan seluas 5 hektare. Sedang total keseluruhan lahan yang dimanfaatkan untuk tanaman padi di kawasan tersebut luasnya mencapai sekitar 12 hektare.

"Hari ini yang dipanen seluas 5 hektar. Tiap hektar menghasilkan sekitar 6,5 ton. Lahan tersebut lokasinya di perbatasan Jakarta Barat-Kota Tangerang. Panen kali ini luar biasa karena hasilnya bagus dan banyak dengan jenis padi Ciherang," ungkap dia.

Sementara itu Ketua Poktan Jawa Indah, Racidin (60), mengatakan, anggota Poktan Jawa Indah sekitar 15 orang. Mereka sudah mengelola lahan tersebut selama 17 tahun. Lahan tersebut merupakan milik warga sekitar.

Ia mengungkapkan, hasil panen padi mereka bisa tiga kali dalam setahun dan dapat langsung dijual ke masyarakat. Hasil tersebut, lanjut dia, tak lepas dari bantuan dan pembinaan dari Dinas KPKP DKI dan dari kementerian terkait.

"Untuk kendalanya saat padi sudah menguning cuma hama burung. Tapi dapat diatasi dengan pemasangan jaring dan kontrol yang rutin. Kami berharap bisa terus didukung pemerintah," ujar dia.

Baca juga: KPKP DKI pastikan distribusi beras terjaga sehingga mampu tekan harga

Baca juga: Jakarta kemarin, Wagub DKI sembuh hingga panen raya anggur

Baca juga: Anies panen melon di Agro Edu Wisata Cilangkap

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023