Medan (ANTARA) - Parini Binti Wongso (92) asal Kecamatan Percut Sei Tuan, calon haji tertua yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 16 asal Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

"Saya bisa berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci Mekkah karena dibiayai oleh anak-anaknya," ucap Parini, saat akan berangkat ke Jeddah, dari Asrama Haji Medan, Kamis.

Parini mengakui bahwa dirinya memiliki 12 orang anak dan puluhan orang cucu.

Selain itu, Parini berharap bisa menjadi haji mabrur setelah kembali dari tanah suci Mekkah.

"Haji mabrur menjadi dambaan bagi dirinya, dan berharap akan melaksanakan ibadah haji dengan baik serta mencari amal ibadah saat di Mekkah," ucap Parini dengan penuh semangat.

Sebanyak 348 calon haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 16 asal Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara berangkat ke Jeddah dari Asrama Haji Medan, Kamis.

Ke-348 jumlah calon haji asal Kabupaten Deli Serdang itu merupakan gelombang kedua yang berangkat ke Jeddah dan seluruhnya telah mengenakan pakaian ihram saat berada di Asrama Haji Medan.

Kakanwil Kemenag Sumut H Ahmad Qosbi Nasution ketika melepas Kloter 16 berharap calon haji asal Kabupaten Deli Serdang itu dapat menjadi haji yang mabrur.

​​​​​​​Qosbi menyebutkan ciri-ciri mendapatkan haji mabrur adalah calon haji rajin beribadah dan memperbanyak amal serta ibadah selama di tanah suci.

"Calon haji agar mematuhi segala ketentuan melaksanakan ibadah haji di Mekkah, dan jangan melanggar peraturan yang telah ditetapkan, serta tidak membuat keributan sehingga dapat mengganggu keamanan calon haji lainnya," ucapnya.

Baca juga: Jamaah calon haji UPG 14 dipindahkan ke hotel dekat Masjid Nabawi
Baca juga: Pernapasan terganggu, satu calon haji Sumbar dirujuk ke rumah sakit
Baca juga: Kloter 8 Embarkasi Banjarmasin diberangkatkan langsung ke Mekkah

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023