Nomor lainnya yang akan dipertandingkan kami masih menunggu konfirmasi dari KOI maupun KONI,"
Jakarta (ANTARA News) - Pengurus Pusat Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia menyiapkan 18 atlet berkuda untuk nomor equestrian di pelatnas SEA Games 2013 Myanmar.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Komisi Equestrian Pengurus Pusat Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) Bibit Sucipto di Jakarta, Selasa, mengatakan 18 atlet tersebut dipersiapkan untuk berlaga di tiga nomor yakni halang rintang, ketahanan, dan tunggang serasi.

Namun, mengenai nomor yang akan dipertandingkan di SEA Games, kata Bibit, PP Pordasi masih menunggu pemberitahuan resmi dari Komite Olahraga Nasional Indonesia selaku Dewan Pelaksana Prima mengenai disiplin nomor equestrian yang akan dipertandingkan di SEA Games 2013 Myanmar.

Sejauh ini, PP Pordasi baru menerima pemberitahuan mengenai nomor halang rintang. "Nomor lainnya yang akan dipertandingkan kami masih menunggu konfirmasi dari KOI maupun KONI," ujar Bibit.

Setiap nomor, PP Pordasi menyiapkan enam atlet yang akan diseleksi kembali menjadi tim inti atau 100 persen sebanyak empat orang. Pelatnas yang dilakukan PP Pordasi, kata Bibit merupakan insiatif pengurus, karena belum mendapatkan Surat Keputusan Pelatnas dari Komite Olahraga Nasional Indonesia selaku Dewan Pelaksana Prima.

SK itu juga akan menjadi kepastian mengenai penyelenggara pelatnas SEA Games, karena sebelumnya nomor equestrian ditangani oleh Federasi Berkuda Indonesia atau Equestrian Federation of Indonesia (EFI).

Menyinggung hal ini, secara terpisah, Ketua Umum PP Pordasi M. Chaidir Saddak mengatakan sesuai hasil Musyawarah Nasional pada Desember 2012, setelah PP Pordasi memiliki kembali Komisi Equestrian, seharusnya pihaknyalah yang mempersiapkan atlet untuk berlaga di SEA Games 2013 Myanmar.

"Mudah-mudahan dengan adanya masyarakat equestrian di Pordasi, dan kami telah memunaskan diri, semoga jangan sampai seperti SEA Games yang lalu, saat yang menyelenggarakan bukan anggota KONI dan KOI, mudah-mudahan KONI dan KOI sekarang pun sejalan," katanya pada Minggu (10/2) seusai ajang Piala Kawilarang Memorial 2013 di Jakarta.

Chaidir menyatakan hal itu menanggapi kemungkinan EFI yang menjadi penyelenggara pelatnas untuk SEA Games 2013 Myanmar. Pordasi memiliki kembali komisi equestrian yang diresmikan pada 14 Desember 2012 melalui mekanisme Musyawarah Nasional yang dihadiri 18 dari 24 Pengurus Provinsi.

Pada SEA Games 2011, EFI merupakan organisasi yang menangani cabang olahraga berkuda equestrian Indonesia. Saat itu, EFI menerjunkan 14 atlet dan memperoleh tiga emas, dua perak, dan 2 perunggu, sekaligus mengalahkan empat negara kontestan lainnya yakni Thailand, Malaysia, Filipina, dan Myanmar.

(I029/N002)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013