Tanjungpinang (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), menyatakan sebanyak 7.674 orang siswa SD dan SMP di daerah itu lulus 100 persen pada tahun ajaran 2022/2023.

“Alhamdulillah, tahun ini seluruh siswa SD dan SMP se-Kota Tanjungpinang lulus 100 persen,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Tanjungpinang, Endang Susilawati, Jumat.

Endang merinci total siswa SD yang dinyatakan lulus berjumlah 4.014 orang, sementara siswa SMP berjumlah 3.660 orang.

Namun demikian, pihaknya belum mengetahui secara detail terkait jumlah siswa yang mendapatkan nilai terbaik dari setiap mata pelajaran atau keseluruhan.

Baca juga: Dikbud: 84 pelajar SMP Rejang Lebong tidak lulus karena putus sekolah

Baca juga: Disdikpora Gunung Kidul : Dua siswa tidak lulus SMP


“Kita masih menunggu laporan dari masing-masing sekolah. Setelah itu, kita rekap dan jadi bahan laporan ke Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Endang menyampaikan selanjutnya siswa-siswi SD maupun SMP yang dinyatakan lulus, tinggal menunggu arahan dari setiap sekolah untuk tanda tangan dan cap ijazah hingga jadwal pengambilan ijazah.

Ia juga mengklaim sejauh ini belum menerima laporan terkait adanya siswa yang merayakan kelulusan dengan cara konvoi kendaraan di pusat ibukota Provinsi Kepri tersebut.

“Kita juga sudah wanti-wanti serta berkoordinasi dengan kepolisian agar siswa tidak perlu keluar rumah, karena pengumuman kelulusan dilakukan secara online, Kamis (9/6) malam,” katanya.

Endang berharap siswa SD dan SMP yang telah lulus sekolah supaya melanjutkan ke jenjang pendidikan SMA sederajat. Hal ini sesuai dengan program pemerintah, yakni wajib belajar 12 tahun yang dimulai dari SD, SMP dan SMA sederajat.

"Kami akan pantau agar jangan sampai anak-anak usai lulus SD dan SMP putus sekolah," demikian Endang.*

Baca juga: Siswa SMP di Ambon lulus 100 persen

Baca juga: Delapan siswa SMP Yogyakarta tidak lulus UN

Pewarta: Ogen
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023