siap untuk menanggapi setiap permintaan yang dapat berkontribusi pada upaya meningkatkan stabilitas dan perdamaian di semenanjung Korea.
Jenewa (ANTARA News) - Pemerintah Swiss mengatakan pihaknya siap untuk membantu upaya-upaya diplomatik guna mengakhiri program nuklir Korea Utara setelah sebelumnya mengutuk uji coba nuklir terbaru negeri yang terisolasi itu.

"Tes ini melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB, merupakan ancaman bagi perdamaian dan keamanan di wilayah tersebut serta bertentangan dengan upaya masyarakat internasional dalam hal non-proliferasi nuklir," kata Kementerian Luar Negeri Swiss dalam satu pernyataan.

Tetapi menambahkan: "Swiss yakin bahwa jalan keluar masalah nuklir semenanjung Korea dan keamanan hanya dapat ditemukan dalam kerangka proses negosiasi diplomatik."

Kementerian itu mengatakan Bern mendukung berlangsungnya perundingan enam negara mengenai denuklirisasi yang melibatkan dua Korea, China, Jepang, Rusia dan Amerika Serikat.

Swiss menyatakan "siap untuk menanggapi setiap permintaan yang dapat berkontribusi pada upaya meningkatkan stabilitas dan perdamaian di semenanjung Korea", katanya.

Korea Utara memiliki jalinan khusus dengan Swiss - karena pemimpin negara komunis itu, Kim Jong-Un, menghadiri sekolah menengah di dekat Bern, tanpa mengungkapkan identitas sebenarnya.

(H-AK)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013