Medan (ANTARA) - Syamsul Rizal dan istrinya Ipang Mutamaroh calon haji asal Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah dirawat di Asrama Haji Medan, Sumatera Utara.

Kedua calon haji asal Kota Solo itu transit di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang karena sakit dan tidak bisa terbang ke Tanah Suci.

"Ya, benar kedua calon haji itu dirawat di Asrama Haji Medan," kata Humas Haji Embarkasi Medan HM Yunus, Jumat.

Yunus menyebutkan calon haji Syamsul dan istrinya Ipang dijemput petugas PPIH Embarkasi Medan di Bandara Kualanamu.

Syamsul terkesan dengan pelayanan PPIH Medan yang menjemputnya di Bandara Kualanamu dan dibawa ke Asrama Haji Medan.

Ia berharap bisa secepatnya sembuh dan dapat melanjutkan perjalanan ke Tanah Suci.

"Hal tersebut disampaikannya saat PPIH Embarkasi Medan dan tim Itjen Kemenag RI Ahmad Tobib menjenguknya di Asrama Haji Medan, Kamis (08/06).

Baca juga: Dua calon haji Kloter 15 tunda berangkat ke Madinah karena sakit
Baca juga: Tiga calon haji Embarkasi Palembang ditunda berangkat


​​​​​​​Syamsul dan istri mengucapkan terima kasih kepada PPIH Embarkasi Medan yang secara penuh telah merawat dan membawa istirahat di Asrama Haji Medan.

​​​​​​​PPIH Embarkasi Medan menjadi tempat transit perawatan untuk calon haji asal embarkasi lain yang mengalami gangguan kesehatan dan tidak bisa melanjutkan perjalanan.

Sebelumnya PPIH Medan juga menangani calon haji asal Solo atas nama Tuniyah yang tergabung di dalam Kloter 3 SOC. Tuniyah harus transit di Bandara Kualanamu mendampingi suaminya yang sakit.

Kemudian Tuniyah diantar ke Bandara kembali untuk berangkat menuju Solo dan bergabung dengan calon haji yang berangkat ke tanah suci karena PPIH menginzinkannya untuk berangkat ke Tanah Suci.

Kemudian PPIH Medan mengantar Pawiro Rejo ke Bandara Kualanamu setelah merawat calon haji asal Solo tersebut karena sakit. PPIH Medan melakukan serah terima dengan pihak Garuda Airlines untuk diberangkatkan kembali ke Solo.

Selanjutnya calon haji asal Solo M. Rekso Wardoyo dijemput PPIH Medan dari RSUD H. Amri Tambunan Deli Serdang kemudian dibawa ke Asrama Haji Medan untuk menunggu informasi lebih lanjut dari PPIH asal calon haji.

​​​​​​​PPIH Medan didukung Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan UPT. Asrama Haji Medan menyiapkan ambulans untuk operasional transit calon haji asal embarkasi lain.

Baca juga: Calon haji asal Bone batal berangkat karena dirujuk ke rumah sakit
Baca juga: Dua calon haji Trenggalek batal berangkat ke Tanah Suci karena sakit
Baca juga: Sebanyak 20 calon haji Indonesia dirawat di klinik dan RS Arab Saudi

 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023