Kerja sama perguruan tinggi dalam negeri maupun dengan mitra luar negeri menjadi hal yang mutlak dilakukan
Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah X memfasilitasi penjajakan kerja sama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah kerjanya yang meliputi Provinsi Sumatera Barat, Jambi, Riau dan Kepulauan Riau (Kepri), dengan perguruan tinggi Malaysia.

"Kerja sama perguruan tinggi dalam negeri maupun dengan mitra luar negeri menjadi hal yang mutlak dilakukan," kata Kepala LLDikti Wilayah X Afdalisma di Padang, Sumatera Barat, Jumat.

Afdalisma mengatakan perguruan tinggi mempunyai kewajiban untuk memberikan ruang kepada mahasiswa maupun dosen untuk mendapatkan pengalaman di luar kampus.

Bahkan, kata dia, program studi PTS dituntut menjalin kolaborasi dengan mitra kelas dunia untuk meningkatkan kualitas agar setara dengan program studi yang ada di universitas kelas dunia.

Menurutnya, banyak program yang dapat dilaksanakan bersama misalnya program gelar ganda, gelar bersama, pertukaran mahasiswa, penelitian bersama, publikasi bersama, pengembangan kurikulum, kunjungan profesor atau guru besar dan dosen, kegiatan seminar bersama, dan lain sebagainya.

Baca juga: 11 perguruan tinggi swasta LLDIKTI X menuju world class university

Apalagi, lanjutnya, saat ini PTS di Tanah Air juga diharuskan menyusun penilaian indikator kinerja oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Sebelumnya hal itu hanya berlaku bagi perguruan tinggi negeri.

"Perguruan tinggi swasta diminta untuk melaporkan hasil pelaksanaan kerja sama yang nantinya dievaluasi oleh Kemendikbudristek," jelas dia.

Sementara itu Rektor Universitas Internasional Batam Iskandar Itan mengatakan kerja sama internasional telah menjadi agenda penting dan strategis bagi semua institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia, termasuk pula bidang sains dan penelitian sebagai tanggapan terhadap ancaman dan peluang globalisasi.

"Ada kebutuhan perguruan tinggi untuk bekerja sama dalam cakupan yang lebih luas. Mari kita diskusikan potensi peluang kerja sama lintas batas antar-perguruan tinggi," ajaknya.

Untuk diketahui, Universitas Internasional Batam menjadi tuan rumah kegiatan fasilitasi dan visitasi peningkatan kerja sama PTS di bawah naungan LLDikti Wilayah X dengan perguruan tinggi dari Malaysia.
 
Baca juga: LLDIKTI: Penambahan guru besar tingkatkan kualitas perguruan tinggi

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023