setelah lulus dari program wirausaha merdeka ini betul-betul bisa menciptakan lapangan kerja
Magelang (ANTARA) - Sebanyak 12.000 mahasiswa ditargetkan mengikuti program wirausaha merdeka tahun ini yang direncanakan dilakukan di 32 perguruan tinggi, kata Koordinator Kemahasiswaan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Dikti Sukino.

"Program wirausaha merdeka kami tujukan kepada mahasiswa yang tadinya belum mempunyai pengetahuan tentang perusahaan," katanya pada pembukaan kompetisi dan inovasi kewirausahaan mahasiswa di Universitas Tidar (Untidar) Magelang, Sabtu.

Ia menjelaskan program ini diberikan selama satu semester penuh kepada mahasiswa untuk belajar tentang kewirausahaan di perguruan tinggi yang telah ditunjuk.

Sukino menyampaikan tahun lalu program ini dilaksanakan di 17 perguruan tinggi, diikuti sekitar 10.000 mahasiswa.

Menurut dia bagi perguruan tinggi yang kemarin sudah mengusulkan proposal terkait perguruan tinggi pelaksana wirausaha merdeka dalam waktu dekan akan diumumkan.

Baca juga: Unhas teken kontrak bantuan modal usaha bagi 554 Mahasiswa PMW
Baca juga: UIN Ar-Raniry dan HPN luncurkan 1.000 mahasiswa wirausaha


Ia mengatakan pelaksanaan program tersebut, misalnya di wilayah Semarang, Udinus menjadi penyelenggara, maka mahasiswa dari Untidar bisa mengambil satu semester di Udinus untuk wirausaha ini.

"Kami mendorong mahasiswa setelah lulus dari program wirausaha merdeka ini betul-betul bisa menciptakan lapangan kerja," katanya.

Rektor Untidar Sugiyarto menyampaikan perguruan tinggi ini berkomitmen terhadap pengembangan kewirausahaan sesuai visi Untidar, yakni unggul dalam kewirausahaan berbasis ke sumber daya dan kearifan lokal.

"Itu warisan dari para pendiri Untidar, maka kami berusaha untuk mewujudkannya. Artinya kami tetap fokus kewirausahaan dengan mengoptimalkan sumber daya yang tersedia," katanya.

Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz dalam sambutan acara tersebut menuturkan Kota Magelang meluncurkan program Magelang Keren dengan dana Rp4 miliar untuk 1.000 wirausahawan.

"Melalui program tersebut Pemkot Magelang akan memberikan pelatihan kepada 1.000 wirausahawan dengan dana Rp4 miliar pada 2023 dan 2024," katanya. 

Baca juga: UMPR hadirkan Menteri Perdagangan tumbuhkan gairah wirausaha mahasiswa
Baca juga: USK bertekad lahirkan wirausaha baru di Aceh
Baca juga: MenKopUKM tekankan RI butuh banyak wirausaha dari kalangan mahasiswa

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023