Magelang (ANTARA) - Office of International Affair (OIA) Universitas Tidar (Untidar) Magelang mengadakan sosialisasi dan bootcamp Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024 melalui zoom meeting dan kanal YouTube.

"Tujuan dari program ini untuk membantu mahasiswa menambah pengetahuan dan menggali soft skill, sehingga dapat bersaing dalam perkembangan zaman," kata Koordinator IISMA Untidar, Dwitya Ari Nugraheni di Magelang, Selasa.

Untidar sebagai salah satu kampus yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek berkesempatan untuk mengikuti program unggulan IISMA.

Baca juga: BNPT dan Universitas Tidar kerja sama cegah terorisme

IISMA merupakan program beasiswa unggulan dari Kemendikbudristek untuk mendanai mahasiswa Indonesia dalam program mobilitasi selama satu semester (dalam kurun waktu 4-6 bulan) di kampus ternama luar negeri. Dalam melangsungkan program tersebut, Kemendikbudristek juga bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). 

Program IISMA dapat diikuti oleh semua mahasiswa semester 4 dan 6 dari kampus di bawah naungan Kemendikbudristek.

Dwitya menyampaikan bahwa program IISMA semakin bertambah tahun semakin banyak peminatnya di kalangan mahasiswa. Dilihat dari jumlah pendaftar yang semakin meningkat dari waktu ke waktu.

"Pada tahun 2021, terdapat 2.551 pendaftar, meningkat drastis di tahun 2022 menjadi 7.500 pendaftar, tahun 2023 bertambah lagi menjadi 8.000 pendaftar dari seluruh Indonesia," katanya.

Dilihat dari peminatnya, dapat disimpulkan bahwa program IISMA disambut dengan antusias oleh mahasiswa dari seluruh penjuru Indonesia di bawah naungan Kemendikbudristek.

Mahasiswa Indonesia yang berangkat ke perguruan tinggi internasional dipersiapkan untuk menghadapi internasionalisasi, industri 4.0, dan merdeka belajar.

Baca juga: KKN Untidar dampingi UMKM membuat NIB dan pemasaran digital

Baca juga: Kemendikbudristek sebut evaluasi penerima KIP Kuliah diperketat


Ia berharap mahasiswa yang terpilih memiliki kemampuan dan moral yang dapat merepresentasikan citra baik bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, proses seleksi dilakukan dengan ketat untuk menentukan mahasiswa unggulan yang layak.

Tahun 2023, terdapat dua mahasiswa Untidar yang mengikuti program IISMA, yaitu Maulana Yusuf di University Warswawa Polandia dan Dita Ariyantika Ramadhani di Middle East Technology University (METU), Turki. Keduanya adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, FKIP Untidar.

Tahun 2024, katanya, program IISMA di Untidar diharapkan dapat menarik minat mahasiswa lebih banyak dari tahun sebelumnya. Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Untidar mengadakan kegiatan bootcamp sebagai ajang persiapan mahasiswa sebelum melakukan pendaftaran IISMA.

Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 17 hari, yakni pada 8-25 Januari 2024 bertempat di Kampus Untidar di Tuguran Kota Magelang secara luring.

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024