"Peserta atau pengunjung dapat melakukan dropp off dan parkir kendaraan ke Jalan Bronco masuk dari pintu A5 atau bisa juga parkir di sisi run away masuk dari pintu A3,"
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat melalui Dinas Perhubungan melakukan rekayasa lalu lintas dalam mengantisipasi kemacetan di lokasi di Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) XVI di Lanud Sutan Sjahrir, Padang.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Padang Andri Suanto Tasar di Padang, Sabtu mengatakan rekayasa lalu lintas ini bertujuan mengantisipasi kemacetan selama berlangsungnya Penas Tani.

Ia menjelaskan untuk peserta Penas Tani dari Batang Kabung Gantiang, Pasie Nan Tigo dan Koto Panjang Ikua Koto bisa masuk melewati Jalan Raya Tabing, kemudian masuk ke Simpang Maut.

"Peserta atau pengunjung dapat melakukan dropp off dan parkir kendaraan ke Jalan Bronco masuk dari pintu A5 atau bisa juga parkir di sisi run away masuk dari pintu A3," kata dia.

Sementara itu untuk peserta dari Dadok Tunggul Hitam dapat melakukan drop off di pintu A4 atau parkir kendaraan di Jalan Bronco. Kemudian untuk peserta dari Kampung Lapai masuk melalui pintu A6 atau dapat parkir di Jalan Bronco dengan melewati Jalan Kemayoran dan Jalan Angkasa Puri.

Sedangkan peserta dari Parupuk Tabing, Air Tawar Barat, Air Tawar Timur, Ulak Karang Utara dan Ulak Karang Selatan bisa masuk dan parkir melalui pintu A7 dengan melewati Jalan Prof. Dr. Hamka," kata dia.

Ia mengatakan untuk memperlancar lalu lintas selama perhelatan Penas Tani, Dishub Padang menurunkan sebanyak 50 personel dan juga didukung oleh Dishub Provinsi, pihak kepolisian, TNI, dan Satpol PP.

"Selain itu tim Dishub Kota Padang juga telah melakukan pemasangan fasilitas lalu lintas berupa road barrier dan rambu-rambu lalu lintas untuk menghindari terjadinya kemacetan dan penumpukan kendaraan. Ini sebagai langkah untuk mengantisipasi kemacetan," kata dia

Sementara itu untuk tamu pening dapat masuk melalui pintu A1, untuk tamu seperti kepala daerah dan jajaran) dapat masuk melalui pintu A2 yang sama-sama melewati Jalan Prof Dr Hamka

Dinas Perhubungan Kota Padang juga menyediakan sembilan titik lokasi parkir yang ada di kawasan lokasi Penas Tani dan tiga titik drop off.

"Titik drop off itu ada tiga titik dengan rincian dua titik di Jalan Bronco dan satu titik di Jalan Prof.Dr. Hamka," kata dia.

 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023