Rusia sebut Islandia (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri Rusia pada Sabtu mengatakan bahwa keputusan Islandia menutup kedutaan besarnya di Moskow "menghancurkan" hubungan bilateral.

"Keputusan Pemerintah Islandia untuk menurunkan level hubungan diplomatik dengan Rusia merusak seluruh kerja sama Rusia-Islandia," kata Kemlu Rusia.

Kementerian itu juga mengatakan bahwa Rusia akan mempertimbangkan keputusan "yang tidak bersahabat" itu saat menjalin hubungan dengan Islandia di masa depan.

"Semua tindakan anti-Rusia dari Reykjavik pasti akan diikuti oleh reaksi yang setimpal," kata Kemlu Rusia dalam pernyataan.

Pemerintah Islandia pada Jumat mengatakan aktivitas di kedubes itu akan ditangguhkan mulai 1 Agustus karena hubungan kedua negara di bidang perdagangan, budaya dan politik "berada di titik terendah".

Mereka juga mengatakan bahwa pihaknya telah meminta Rusia mengurangi aktivitas diplomatiknya di Reykjavik, ibu kota Islandia.

Saat mengumumkan keputusan itu, Islandia mengatakan hubungan diplomatik kedua negara belum berakhir dan kedutaan besarnya di Moskow akan dibuka kembali jika hubungan dengan Rusia membaik.

Sumber: Reuters
Baca juga: Pemimpin Islandia boikot piala dunia Rusia terkait peracunan mata-mata
 

Penerjemah: Anton Santoso
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023