Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani berharap rumah rekaman pertama di Indonesia Lokananta yang kembali dibuka usai direvitalisasi, dapat menjadi tempat berkumpul anak-anak muda agar prestasi musik Tanah Air semakin gemilang.

“Saya berharap Lokananta yang sudah semakin indah ini bisa menjadi tempat berkumpul anak-anak muda dan jadi simbol kebangkitan industri rekaman Indonesia. Pemerintah harus melengkapi fasilitas agar Lokananta semakin menarik bagi anak-anak muda,” kata Puan dalam keterangan  diterima di Jakarta, Minggu.

Hal tersebut disampaikannya saat mengunjungi Museum Lokananta di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/6), usai menyambut kontingen ASEAN Para Games 2023 Indonesia yang baru saja kembali dari Kamboja.

Puan yang datang dengan didampingi Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa itu mengaku sangat gembira dapat mengunjungi Museum Lokananta, yang disebutnya merupakan warisan budaya yang sangat berharga.

"Lokananta adalah simbol sejarah dan peradaban musik kita, yang telah memberikan kontribusi besar bagi perjalanan seni dan budaya di Indonesia,” ujarnya.

Dia juga berharap Lokananta yang merupakan perusahaan musik pertama dan satu-satunya milik negara itu bisa berjaya lagi setelah diaktifkan kembali usai direvitalisasi oleh Pemerintah.

“Museum ini, sebagai rumah bagi rekaman musik tertua di Indonesia, adalah monumen untuk keberagaman dan kreativitas yang mencengangkan dari bangsa kita," ucapnya.

Puan kemudian mengunjungi studio rekaman legendaris milik museum Lokananta untuk melihat dan menyaksikan kemegahannya, hingga mengunjungi kios UMKM lokal Matalokal di kompleks Lokananta, serta ber-photobox bersama pengunjung.

“Dengan mengunjungi tempat ini, saya berharap dapat mempertegas kembali komitmen kami dalam melindungi dan mempromosikan warisan budaya kita," ujarnya.

Dia pun mengaku kagum dan menilai Lokananta yang kini berusia sekitar enam dekade merupakan surga bagi pecinta musik dan budaya.

“Revitalisasi Lokananta sangat bagus sekali. Apalagi ada banyak koleksi musik yang indah seperti peralatan rekaman kuno, piringan hitam, kaset pita, dan alat-alat rekaman lainnya,” katanya.

Dia lantas menekankan pentingnya menjaga dan melestarikan warisan seni serta budaya Indonesia agar dapat diteruskan ke generasi mendatang.

“Kami di DPR percaya bahwa penghargaan dan pemahaman kita terhadap sejarah dan budaya dapat membantu membentuk masa depan yang lebih baik dan lebih inklusif bagi kita semua,” ucapnya.

Termasuk, lanjut dia, studio rekaman Lokananta yang sangat penting dalam sejarah musik Indonesia karena telah merekam banyak karya-karya seni bermusik, mulai dari tradisional hingga kontemporer dari berbagai daerah.

"Seni dan budaya adalah bagian integral dari identitas nasional kita. Mereka mengingatkan kita dari mana kita berasal dan memberikan pandangan tentang di mana kita mungkin pergi," tuturnya.

Terakhir, Puan turut mengucapkan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan terkait yang telah membantu melestarikan sejarah dan budaya Tanah Air dengan mendorong adanya inovasi dan kreativitas baru, sebagaimana yang dilakukan di Museum Lokananta.

"Mari kita semua, sebagai bangsa, berjanji untuk terus merawat dan merayakan warisan budaya kita. Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa, sementara kita tumbuh dan berubah, kita juga menghargai dan menghormati akar kita," kata Puan.
Baca juga: Addie MS apresiasi revitalisasi Lokananta oleh Erick Thohir
Baca juga: Rampung direvitalisasi, Menteri BUMN
 resmikan Lokananta

Baca juga: Lokananta fokus pada lima pilar bisnis setelah rampung direvitalisasi


 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023