kita juga siapkan kelas khusus karyawan untuk kuliah sore dan malam hari
Pangkalpinang (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah (UnMuh) Bangka Belitung membuka tiga program studi baru, yaitu Prodi Pariwisata, Kewirausahaan dan Kriminologi guna memenuhi kebutuhan calon mahasiswa mengejar pendidikan sekaligus untuk melengkapi jumlah program studi yang ada di kampus tersebut.

"Mulai tahun ajaran baru ini kita membuka tiga prodi ini yang nantinya akan menjadi satu fakultas, hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan perkembangan yang terjadi saat ini," kata Rektor Universitas Muhammadiyah Babel Fadillah Sabri di Pangkalpinang, Minggu.

Fadillah menjelaskan pariwisata dan kewirausahaan adalah prodi yang diharapkan untuk mereka yang bukan mencari pekerjaan tapi ingin menciptakan lapangan pekerjaan.

Para mahasiswa ini setelah lulus kuliah didorong agar mampu membuka usaha sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat yang ada di sekitar.

"Prodi pariwisata dan kewirausahaan sangat penting dan akan menjadi prodi andalan karena hingga saat ini sudah banyak yang mendaftar, mereka kebanyakan adalah pelaku UMKM. Sedangkan prodi kriminologi ini gabungan hukum dan sosiologi, untuk program studi kriminologi saat ini hanya ada tiga perguruan tinggi di Indonesia, yaitu di Universitas Indonesia Jakarta, Universitas Islam Riau dan UnMuh Babel," ujarnya.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Babel-pemda tanam 1.000 bibit mangrove
Baca juga: 1.000 mahasiswa se-Indonesia ikuti KKN Muhammadiyah-Aisyiyah di Babel


Dalam waktu dekat UnMuh Babel akan segera meluncurkan tiga prodi baru ini dan menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno dan Profesor Adrianus lulusan kriminologi terbaik dari Universitas Indonesia.

Dengan terwujudnya tiga prodi ini masyarakat Babel akan lebih banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dan akan semakin banyak warga yang memiliki keinginan kuliah sehingga sumber daya manusia semakin meningkat.

"Saya mengajak seluruh masyarakat Babel khususnya lulusan baru dan para pekerja mendaftarkan diri untuk prodi ini karena kita juga siapkan kelas khusus karyawan untuk kuliah sore dan malam hari," katanya.

Terkait biaya kuliah untuk tiga prodi ini, pihak kampus menetapkan biaya sekitar Rp750 ribu per bulan atau Rp4,5 juta per semester.

Baca juga: Menristekdikti dukung prodi kewirausahaan CT-Unair
Baca juga: JK dorong UNM hadirkan revolusi kewirausahaan
Baca juga: Alumni SB-IPB luncurkan program pengembangan inovasi kewirausahaan

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023