Dalam kerja sama ini masyarakat bisa mengambil kuliah program magister dan doktor lebih mudah karena untuk kuliah bisa dilakukan di Unmuh Babel
Pangkalpinang (ANTARA) - Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung bersama Universitas Malaysia Perlis (Unmap) melakukan kerja sama bidang pendidikan untuk memudahkan masyarakat melanjutkan kuliah program magister dan doktor.

"Dalam kerja sama ini masyarakat bisa mengambil kuliah program magister dan doktor lebih mudah karena untuk kuliah bisa dilakukan di Unmuh Babel, namun mahasiswa tersebut terdaftar di Universitas Malaysia Perlis," kata Rektor Unmuh Babel Fadillah Sabri di Pangkalpinang, Jumat.

Penandatangan kerja sama antara Unmuh Babel dengan Universitas Malaysia Perlis telah dilakukan antara Rektor Unmuh dengan Deputy Vice Chancellor (Academic and International) Universitas Malaysia Perlis Mohd. Yusoff Mashor pada 11 Januari 2023.

"Saya berharap kerja sama ini tidak hanya sekedar ditandatangani, tapi harus mampu diimplementasikan dalam rangka memberikan kemanfaatan," kata Fadillah.

Setelah kesepakatan kerja sama antarperguruan tinggi tersebut, Unmuh Babel menindaklanjuti dengan langkah nyata untuk meningkatkan kualitas dosen teknik dan ilmu pengetahuan yang akan studi ke Universitas Malaysia Perlis karena perguruan tinggi tersebut memiliki program magister dan doktor.

"Program kerja sama akan memudahkan masyarakat melanjutkan kuliah program kuliah lanjutan karena kuliah bisa dilakukan secara jarak jauh dan sesekali dosen Universitas Malaysia Perlis akan datang di Unmuh Babel," ujarnya.

Namun, kata dia, dalam perkuliahan tersebut para mahasiswa tetap harus menjalani kuliah terlebih dahulu di Universitas Malaysia Perlis minimal selama enam bulan.

"Unmuh Babel memberikan peluang bagi putra putri Bangka Belitung untuk kuliah di perguruan tinggi tersebut dan proses pembelajaran bisa dilaksanakan di Kampus Unmuh Babel," kata Fadillah.

Menurut Yusoff Mashor kerja sama dengan Unmuh Babel merupakan upaya jemput bola agar para mahasiswa tertarik kuliah di Universitas Malaysia Perlis.

"Kami melakukan kerja sama dengan Unmuh Babel agar dosen dan masyarakat bisa kuliah. Jangan selalu banyak alasan untuk gagal, tetapi carilah alasan untuk maju," kata Yusoff
Mashor.

Baca juga: Universitas Pancasila siapkan SDM handal industri pereketaapian
Baca juga: Gubernur BI dorong Kalimantan Tengah wujudkan wisata ramah lingkungan
Baca juga: Parade pakaian tradisional lintas benua tutup IFF di USK

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023