kita perbaiki juga wilayah ini
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menginstruksikan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk melakukan penataan lanjutan pada trotoar di depan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.
 
 
"Pagi ini saya mengecek apa yang masih kurang. Contohnya, kita akan bersihkan, di sana ada pohon yang memang sudah ada, tapi kita rapikan. Artinya, kita perbaiki juga wilayah ini," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau kondisi trotoar di depan Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Minggu.

Menurut Heru, terdapat beberapa poin yang harus segera ditindaklanjuti oleh OPD terkait untuk penataan lanjutan di area tersebut.
 
Heru juga telah menginstruksikan pembersihan dan penataan di sekitar trotoar, termasuk menata kabel PLN.

Pengecekan tersebut, kata Heru agar area trotoar semakin nyaman dan indah untuk dilewati masyarakat.
 
"Memang dari awal saya ingin ada kemudahan bagi warga, yang dari arah Tugu Tani bisa terus berjalan ke arah Patung Kuda, supaya nyaman. Harapannya, ke depan dapat berfungsi secara optimal," ujar Heru.
 
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat meninjau kondisi trotoar di depan Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Minggu (11/6/2023). ANTARA/Ho/PPID DKI Jakarta

Lebih lanjut, Heru mengapresiasi sinergi Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dan Kedubes AS dengan Pemprov DKI Jakarta, sehingga dapat mengembalikan fungsi trotoar untuk pejalan kaki.

"Pertama, 'cone' dan Movable Concrete Barrier (MCB) sudah diangkut. Saya ucapkan terima kasih kepada jajaran Kemlu dan Duta Besar Amerika yang telah mau bersama-sama mengembalikan fungsi trotoar," ucap Heru.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta membuka trotoar di depan kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat malam (9/6).
 
"Dilakukan jam 22.00 sampai 23.00 WIB, pengangkatan (beton) MCB (moveable concrete barrier)," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat dihubungi di Jakarta, Sabtu.
 
Pengangkatan beton MCB tersebut, kata Heru dilakukan oleh Dinas Bina Marga DKI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023