Jakarta (ANTARA) - PT MD Pictures Tbk (kode saham FILM) mencatatkan kinerja positif dengan laba neto perseroan tumbuh hingga 418 persen atau sebesar Rp156,1 miliar pada tahun buku 2022.

Peningkatan itu didorong oleh melonjaknya penjualan di tahun 2022 dari Rp255 miliar menjadi Rp436,9 miliar. Penjualan dari pos layar lebar memiliki kontribusi terbesar sebanyak 77,3 persen atau setara Rp305,3 miliar.

"MD Pictures on-track dengan strategi membuat film-film bioskop yang berkualitas tinggi dan diminati penonton, di mana setiap kuartal akan ada satu sampai dua film layar lebar yang akan menjadi 'jagoan'," ujar Direktur Utama MD Pictures Manoj Punjabi dalam pernyataan di Jakarta, Minggu.

Dia menjelaskan salah satu keuntungan terbesar perseroan berasal dari penayangan "KKN di Desa Penari" yang telah tercatat sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan lebih dari 10 juta penonton. Selain film tersebut, selama tahun 2022, MD Pictures juga tercatat mengeluarkan film bioskop lainnya seperti "Kukira Kau Rumah", "Garis Waktu", "Ivanna" dan "Mendarat Darurat".

Baca juga: Manoj Punjabi ingin bioskop dipenuhi film Indonesia saat libur Lebaran

Pada kesempatan itu, MD Pictures ikut merilis web series berkualitas melalui platform WeTV dan iflix, seperti "My Lecturer My Husband Season 2", "Antares Season 2", "Kupu Malam" serta OTT movie eksklusif yang tayang di platform Amazon Prime yang berjudul "Ayo Putus".

Terkait kinerja selama triwulan I-2023, perseroan mencatatkan penjualan digital yang tumbuh 440,5 persen menjadi Rp32,7 miliar dari hanya sebesar Rp6 miliar pada periode sama tahun 2022. Penjualan digital memberikan kontribusi hingga 60,8 persen dalam pos penjualan.

Sementara itu, laba neto perseroan pada triwulan I-2023 juga tercatat sebesar Rp1,6 miliar dengan penghasilan komprehensif yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk sebesar Rp2,9 miliar.

"Pada tahun 2023 FILM akan merilis banyak seri digital berkualitas tinggi yang saat ini sedang diproduksi di beberapa platform. Saya yakin dan optimis film-film tersebut akan sukses," ujar Manoj Punjabi.

Sebelumnya, pada April 2023, MD Pictures telah merilis film berjudul "Sewu Dino" yang hingga saat ini mampu meraih lebih dari 4,8 juta penonton. Dengan peluncuran film tersebut, FILM masih menduduki posisi teratas box office tahun 2023.

Baca juga: Apa yang berbeda dari versi terbaru "KKN di Desa Penari"?

Baca juga: "KKN Luwih Dowo Luwih Medeni" putar potongan film "Sewu Dino"

Baca juga: "KKN di Desa Penari", "Kukira Kau Rumah" tayang di Disney+ Hotstar

Pewarta: Satyagraha
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023