Estimasi pengerjaan sekitar 1,5 tahun
Medan (ANTARA) - Proses renovasi Stadion Teladan Medan dijadwalkan mulai dikerjakan Oktober 2023 dan ditargetkan selesai pada akhir 2024.

"Estimasi pengerjaan sekitar 1,5 tahun. Kita mulai di bulan Oktober dan mungkin bisa kita maksimalkan hanya selama 14 bulan," ujar Kadis Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Kota Medan Endar Sutan Lubis.

Dia mengatakan hal itu saat mendampingi Wali Kota Medan Bobby Nasution yang bersama Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Diana Kusumastuti meninjau Stadion Teladan Medan, Minggu.

Peninjauan lapangan yang dibangun tahun 1952 itu terkait rencana renovasi yang akan dilakukan tahun ini.

Sejumlah hal terkait dengan renovasi pun dibahas pada kesempatan tersebut. Dirjen Cipta Karya datang membawa tim, sementara Bobby Nasution didampingi Kepala Bappeda Kota Medan Benny Iskandar, Kadis Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Endar Sutan Lubis serta Kadis Pemuda dan Olahraga Pulungan Harahap.

Bobby Nasution menyampaikan harapannya agar nantinya setelah renovasi Stadion Teladan dapat memberikan manfaat luas, terutama dalam mendukung perkembangan olahraga di Kota Medan, terkhusus sepakbola sekaligus mewujudkan Medan sebagai kota atlet.

Kadis Perumahan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang Endar Sutan Lubis menambahkan, renovasi nantinya akan menggunakan APBN.

"Kita persiapkan hal terkait, termasuk detail engineering design-nya. Sebab, kunjungan Bapak Wali Kota Medan bersama Dirjen Cipta Karya kemari untuk persiapan pematangan renovasi Stadion Teladan," katanya.

Nantinya, sambung Endar, Stadion Teladan akan dibangun bertaraf internasional dan berstandar FIFA. "Untuk sarana dan prasarana sudah memenuhi standar FIFA. Namun, untuk kapasitas penonton hanya bisa digunakan untuk kompetisi dan final tingkat Asia," jelasnya.

Renovasi nantinya juga akan menghadirkan museum olahraga, basement dan tempat duduk penonton menjadi single seat.

Baca juga: Renovasi Stadion Teladan Medan bertaraf Asia selesai 2024
Baca juga: Stadion Teladan bakal jadi lokasi penutupan PON 2024

Pewarta: Riza Mulyadi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023