menjaga kebersamaan, dan saling tolong-menolong
Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Kolaka Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melepas sebanyak 121 orang calon jamaah haji asak Kabupaten Kolaka Utara untuk menuju Embarkasi Makassar melalui Pelabuhan Tobaku, Kolut.

Ketua DPRD Kabupaten Kolaka Utara Buhari yang mewakili Penjabat (Pj) Bupati Parinringi melalui keterangan resminya Minggu, mengungkapkan rasa syukur karena jumlah calon jamaah haji Kabupaten Kolaka Utara tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sebanyak 121 orang calon jamaah haji tersebut akan berangkat dan terbagi dalam dua kloter, yaitu kloter 28 dan kloter 30.

Ia berpesan kepada seluruh calon jamaah haji asal Kabupaten Kolaka Utara itu agar dapat melaksanakan rangkaian kegiatan haji dengan sempurna dan menjadi haji yang mabrur.

“Penting bagi kita untuk menaati semua peraturan, menjaga kebersamaan, dan saling tolong-menolong antara sesama jemaah. Selamat melaksanakan ibadah haji. Semoga jamaah calon haji bisa kembali berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat walafiat dan menjadi haji yang mabrur,” kata Buhari.

Baca juga: 388 calon haji embarkasi Lombok kloter empat dilepas ke Tanah Suci
Baca juga: Diawali kloter 43, calon haji Bantul-DIY diberangkatkan ke Mekkah


Ia mengatakan bahwa dari 121 orang calon jamaah haji tersebut terdiri dari 38 orang laki-laki dan 83 jamaah perempuan. Sedangkan untuk usia tertua dalam rombongan tersebut, yakni atas nama Tenri Esa yang berusia 92 tahun dan yang termuda atas nama Fitri Yanti berusia 29 tahun.

Dia menjelaskan bahwa keberangkatan calon jamaah haji merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh mereka dan keluarga mereka. Para calon jamaah haji telah menyiapkan segala perlengkapan dan mental untuk menjalankan ibadah haji dengan khusyuk dan penuh kesabaran.

"Semoga perjalanan mereka menuju Tanah Suci berjalan dengan lancar dan mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik," ungkapnya.

Dalam menjalankan ibadah haji, ia meminta kepada para calon jamaah untuk tetap menjaga kekompakan dan saling membantu satu sama lain sesama jamaah.

"Dengan semangat persaudaraan, mereka akan menemukan kebahagiaan dan kesuksesan dalam melaksanakan rukun islam yang kelima," tutupnya.

Baca juga: PPIH pastikan layanan jamaah lansia di Madinah sudah sesuai prosedur
Baca juga: Satu calon haji Embarkasi Solo meninggal di pesawat menuju Tanah Suci
Baca juga: Jamaah lansia diminta tak paksakan umroh berkali-kali

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023