Penyerahan kali ini sebanyak 45 mahasiswa, tapi untuk tahun ini ada 70 mahasiswa, 25 lainnya sudah diserahkan sebelum Ramadhan 1444 Hijriah, setiap mahasiswa mendapatkan bantuan sebanyak Rp2 juta per orang. Jadi, total keseluruhan sebesar Rp90 juta,”
Kendari (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyerahkan bantuan penyelesaian studi kepada 70 mahasiswa asal Kabupaten Kolut yang sedang menempuh studi Strata 1 (S1), baik yang kuliah di dalam daerah, maupun di luar daerah.

Kepala Baznas Kabupaten Kolut H. Mustamin melalui taklimat media yang diterima di Kendari, Rabu mengatakan bahwa bantuan yang diserahkan tersebut berasal dari zakat maal aparatur sipil negara (ASN) se-Kabupaten Kolut yang diberikan kepada 45 mahasiswa.

“Penyerahan kali ini sebanyak 45 mahasiswa, tapi untuk tahun ini ada 70 mahasiswa, 25 lainnya sudah diserahkan sebelum Ramadhan 1444 Hijriah, setiap mahasiswa mendapatkan bantuan sebanyak Rp2 juta per orang. Jadi, total keseluruhan sebesar Rp90 juta,” katanya.

Selain bantuan kepada 70 mahasiswa itu, pihaknya juga memberikan bantuan untuk siswa sekolah mubaligh sebanyak 60 orang dan akan disekolahkan selama enam bulan.

“60 orang itu direncanakan untuk sekolah muballigh dengan bantuan dana sebesar Rp50 juta dan nantinya para muballigh itu akan ditempatkan di desa-desa yang ada di Kabupaten Kolut, Sultra,” kata Mustamin.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kolut Parinringi berharap agar bantuan yang diberikan kepada mahasiswa itu bisa digunakan sebaik-baiknya dan bantuan tersebut juga diberikan sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut kepada para mahasiswa yang sedang menyelesaikan studinya.

“Dana Baznas yang terkumpul adalah dana Baznas yang terbesar di Sulawesi Tenggara, dari 17 kabupaten dan kota, hanya Kolaka Utara yang memberikan bantuan penyelesaian studi untuk mahasiswa,” katanya.

Ia menambahkan bahwa sejak Kabupaten Kolut mekar hingga saat ini Pemkab Kolut sudah memikirkan konsep pembangunan manusia dengan memberikan bantuan kepada mahasiswa.

“Kolaka Utara sudah memikirkan konsep pembangunan manusia, dengan bantuan ini dapat membantu menyelesaikan studi dan membanggakan orang tua,” demikian Parinringi.

Baca juga: Puluhan dhuafa Kendari diberi bantuan Baznas

Baca juga: Baznas Jaksel ringankan biaya pendidikan 1000 mahasiswa

Baca juga: Baznas Pasaman Barat bantu beasiswa 192 mahasiswa melalui dana zakat

Baca juga: Baznas kembali luncurkan beasiswa bagi 2.000 mahasiswa


Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023