Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) dan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (YTIJ) Jakarta menjalin kerja sama untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Kolut, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penjabat (Pj) Bupati Kolut Parinringi melalui keterangan resminya Sabtu, mengatakan bahwa kerja sama tersebut diharapkan dapat memberi manfaat signifikan bagi guru dan siswa di Kabupaten Kolut.

Ia mengemukakan kerja sama tersebut meliputi pelatihan guru dalam sains dan matematika untuk meningkatkan kapasitas guru, serta pelatihan dan pendidikan siswa sekolah dasar (SD) maupun sekolah menengah pertama (SMP).

Dengan fokus pada bidang tersebut, kata dia, diharapkan para guru dapat mengembangkan keterampilan mereka dalam mengajar sains dan matematika, serta siswa juga dapat meningkatkan pemahaman dan prestasi akademik mereka di kedua mata pelajaran tersebut.

Baca juga: Gubernur Sultra dukung digitalisasi pendidikan lahirkan inovasi “Pemerintah Kabupaten Kolaka Utara dan Yayasan Teknologi Indonesia Jaya telah menandatangani nota kesepahaman untuk meningkatkan kualitas pendidikan di kabupaten tersebut. Kesepakatan ini bertujuan untuk melibatkan kedua pihak dalam pelatihan guru dan pendidikan siswa SD dan SMP dengan fokus pada sains dan matematika,” kata Parinringi.

Ia mengatakan bahwa kerja sama tersebut ditetapkan selama satu tahun hingga Juni 2024. Namun, kedua pihak memiliki opsi untuk memperpanjang atau mengakhiri kerja sama tersebut berdasarkan kesepakatan bersama.

Parinringi juga berharap dengan adanya pelatihan dan pendidikan yang lebih baik, prestasi pendidikan di Kabupaten Kolut dapat terus meningkat, membawa kemajuan dan kesuksesan bagi generasi muda di masa depan.

“Melalui kerja sama ini, kami berkomitmen untuk menginspirasi, mendorong, dan memajukan sistem pendidikan yang akan mempersiapkan generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan unggul. Para guru akan menjalani pelatihan intensif untuk meningkatkan kapasitas mereka sehingga diharapkan dapat melahirkan bakat-bakat muda yang mampu bersaing secara global,” katanya.

Baca juga: Kemendikbudristek: Perlu kerja keras hasilkan talenta muda berprestasi

Ia menyebutkan kerja sama tersebut bukan hanya mengarah kepada para pendidik, melainkan juga akan membuat pelatihan dan pendidikan bagi siswa SD dan SMP. YTIJ Jakarta akan menyelenggarakan program-program khusus yang akan membangun kreativitas, berpikir kritis, dan keterampilan lain yang dibutuhkan dalam era globalisasi.

Dengan memperkuat dasar pendidikan sejak dini, mereka memberikan fondasi yang kuat bagi kesuksesan masa depan para siswa.

“Kami bersatu dalam tekad untuk mengangkat standar pendidikan ke puncak prestasi, dan kami yakin melalui kerja sama ini, generasi muda Kabupaten Kolaka Utara akan mampu mengejar impian-impian mereka dengan keberanian dan kepercayaan diri yang tinggi,” katanya.

Ia menambahkan bahwa kerja sama ini merupakan komitmen bersama untuk menciptakan sistem pendidikan yang unggul dan mempersiapkan generasi muda dengan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk bersaing secara global.

Baca juga: Pemkab Sigi prioritaskan program beasiswa bangun SDM unggul

"Dengan adanya fondasi pendidikan yang kuat sejak dini, diharapkan para siswa di Kabupaten Kolaka Utara dapat meraih kesuksesan dalam masa depan mereka," katanya.

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023