Kehadiran BI dengan membawa bantuan kepada para pelaku pariwisata di Iboih ini sangat mendukung kami agar secara bertahap mampu menghadirkan daya tarik yang berkelas dunia
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang, Aceh, mengharapkan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) mampu memajukan sektor pariwisata di wilayahnya pascapandemi COVID0-19.

Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan Sabang menjadi daerah keempat yang menerima bantuan PSBI berupa perbaikan fasilitas Masjid Babul 'Ibad Iboih dan pemberian perlengkapan alat selam (scuba diving) kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Teupin Layeu Iboih.

"Kehadiran BI dengan membawa bantuan kepada para pelaku pariwisata di Iboih ini sangat mendukung kami agar secara bertahap mampu menghadirkan daya tarik yang berkelas dunia," katanya dalam keterangannya yang diterima di Banda Aceh, Aceh, Senin.

Ia menjelaskan Kota Sabang fokus pada pengembangan sektor pariwisata, yang memiliki keunikan terutama flora dan fauna bawah lautnya, seperti ragam jenis ikan, terumbu karang, dan mola-mola.

"Core product kita pariwisata, dengan basisnya adalah konservasi, sustainability. Jadi, kami memang sedang berupaya shifting dari quantity ke quality, kita coba bagaimana agar Sabang ini bisa naik kelas dengan prinsip-prinsip sustainability, yang terus kita ajarkan ke masyarakat," ujarnya.

Bantuan tersebut diserahkan Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo kepada pelaku usaha pariwisata di Pulau Weh itu saat kunjungan kerja ke Provinsi Tanah Rencong itu.

Perry menjelaskan tahun ini pihaknya kembali menghidupkan program Bank Indonesia untuk pariwisata, yang sempat terhenti karena COVID-19.

Program bertujuan mendukung efektivitas kebijakan, komunikasi dengan masyarakat, kepedulian sosial dan aktivitas pemberdayaan masyarakat.

"Ini adalah yang keempat setelah COVID. Kemarin, kita buka di Wakatobi, Labengki, Raja Ampat, dan yang keempat adalah Sabang. Tahun ini, adalah tahunnya pariwisata dan memang kami terus berupaya agar berbagai daerah dapat mengembangkan pariwisata dalam berbagai aspek," ujarnya.

Menurutnya, ada empat S yang harus terus diupayakan Pemkot Sabang untuk memajukan sektor pariwisata, yaitu scenery, services/hospitality, seni, dan yang terakhir adalah suvenir.

"Sabang sudah punya scenery yang indah, sekarang mari kita bina dan ikuti bersama, supaya diving jadi yang terbaik, kita bangun pelayanan resor-resor yang memberdayakan masyarakat, kita kembangkan seni yang beragam, serta kita bina dan tingkatkan suvenir khas Sabang," ujarnya.

Baca juga: BI ajak seluruh pemangku kebijakan integrasi data UMKM dan pariwisata
Baca juga: Deputi Gubernur BI serahkan bantuan PSBI di Alkhairaat
Baca juga: BI Bali serahkan bantuan sosial penanggulangan pandemi COVID-19

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023