Aksi sosialisasi dilakukan dengan cara unik, yakni membagi-bagikan bunga dan coklat...
Tabanan (ANTARA News)- Jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Tabanan, Bali memanfaatkan momentum valentine, untuk menggelar sosialisasi keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

"Aksi sosialisasi dilakukan dengan cara unik, yakni membagi-bagikan bunga dan coklat pada pengguna jalan, diawali dengan senyum di hari valentine," kata Kasat Lantas Polres Tabanan AKP Utariani di simpang empat Jalan Pahlawan, Tabanan, Kamis.

Ia mengatakan, aksi bagi-bagi bunga itu sengaja dilakukan dengan monentum hari valentine, dengan harapan mampu menarik perhatian masyarakat, khususnya kalangan generasi muda.

Melalui kegiatan itu diharapkan mampu mengajak pengguna jalan untuk tertib lalu lintas dan menaati ketentuan yang berlaku di jalan umum. Dengan membagikan bunga disertai pesan yang disampaikan diharapkan dapat mengenai sasaran.

"Tertib berlalu lintas terutama di zona aman laka yang dijaga 24 jam, tujuanya untuk menekan angka kecelakaan serta tidak adanya parkir sembarangan yang mengambil badan jalan," ujar AKP Utariani.

Tertib lalu lintas di zona sekolah juga menjadi penekanan, serta  memberdayakan zebra cros untuk penyebrangan.

Program tersebut dilakukan atas dasar tingginya angka kecelakaan yang terjadi tahun 2012. Tercatat 299 kasus kecelakaan lalu lintas merenggut 95 korban jiwa.

Dalam kesempatan itu, selain membagikan bunga petugas polwan juga memberikan sosialisasi tentang kelengkapan berkendaraan. Pengguna diingatkan untuk menggunakan kaca spion lengkap, memasang tali helm, menyalakan lampu, menggunakan sabuk keselamatan untuk roda empat, dan lainnya.

(KR-MDE) 

Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013