Untuk kesehatan bersama KAI Commuter mengimbau pengguna tetap memakai masker dengan baik dan benar selama perjalanan maupun di stasiun
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Commuter Indonesia (KAI Commuter) mengimbau para penumpang tetap menjalankan protokol kesehatan menyusul diterbitkannya Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 17 Tahun 2023.

SE tersebut tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Orang Dengan Transportasi Kereta Api Pada Masa Transisi Endemi COVID-19.

"Untuk kesehatan bersama KAI Commuter tetap mengimbau seluruh pengguna untuk tetap memakai masker dengan baik dan benar selama perjalanan maupun di area stasiun agar terhindar dari penyebaran virus-virus penyakit lainnya, terlebih bila pengguna dalam keadaan tidak sehat atau berisiko tertular COVID-19 seperti sedang batuk dan flu," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Sesuai dengan SE tersebut, mulai 12 Juni 2023, seluruh pengguna perjalanan commuter line diperbolehkan tidak menggunakan masker apabila dalam keadaan sehat dan tidak berisiko tertular atau menularkan COVID-19.

Seluruh pengguna juga dianjurkan untuk melakukan vaksinasi COVID-19 sampai dengan booster kedua atau dosis keempat, terutama bagi masyarakat yang memiliki risiko tinggi penularan COVID-19.

Baca juga: Kemenhub terbitkan SE prokes transportasi di masa transisi endemi

Baca juga: KAI Palembang: Penumpang kereta api boleh tak bermasker


KAI Commuter juga tetap mengajak seluruh pengguna untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat dengan tetap membawa hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara berkala terutama jika telah bersentuhan dengan benda-benda yang digunakan secara bersamaan.

"Untuk menjamin kesehatan para penggunanya, KAI Commuter secara rutin melakukan pembersihan setelah rangkaian kereta selesai berdinas. Pembersihan juga dilakukan oleh petugas on trip cleaning service selama di dalam perjalanan kereta. Hal tersebut kami lakukan sebagai upaya untuk mewujudkan perjalanan commuter line yang sehat, aman, dan nyaman," ujar Anne.

KAI Commuter juga mengharapkan kerja sama seluruh pengguna commuter line untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat di perjalanan maupun di area stasiun.

"Diharapkan dengan terus menerapkan protokol kesehatan dan prilaku hidup sehat, kita bisa menciptakan transportasi yang sehat, aman, dan nyaman serta terus bisa terus bergerak produktif," kata Anne.

KAI juga menginformasikan bahwa pada Senin ini kondisi di sejumlah stasiun Commuter Line Jabodetabek terpantau ramai lancar. Hingga pukul 15.30 WIB tercatat sebanyak 473.307 orang yang naik Commuter Line Jabodetabek.

Di stasiun-stasiun keberangkatan seperti Stasiun Bogor tercatat sebanyak 30.977 orang, sedangkan di Stasiun Citayam sebanyak 25.277 orang, Stasiun Bojonggede 24.582 orang, Stasiun Bekasi 24.582 orang, dan Stasiun Sudimara 13.666 orang.

Sedangkan di stasiun-stasiun kedatangan seperti Stasiun Tanah Abang tercatat hingga pukul 15.30 WIB tercatat sebanyak 40.709 orang yang turun di stasiun tersebut.

Selain itu, di Stasiun Sudirman tercatat sebanyak 26.372 orang, Stasiun Tebet sebanyak 21.565 orang, Stasiun Palmerah sebanyak 20.744 orang, dan di Stasiun Gondangdia sebanyak 20.471 orang.

Baca juga: KAI Daop 7 Madiun perbolehkan pelanggan naik KA tanpa masker

Baca juga: KAI Commuter memprediksi penumpang meningkat di wilayah 8 Surabaya

Baca juga: KAI Commuter mengevaluasi keterlambatan hari pertama Gapeka 2023

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023