Jakarta (ANTARA) - Masih dalam momentum Hari Susu Nasional yang jatuh pada tanggal 1 Juni lalu, Nestlé Indonesia membagikan informasi mengenai manfaat susu bagi tubuh.

Susu telah menjadi bagian penting dari pola makan, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa, selama lebih dari dua abad.

Popularitas susu bagi manusia muncul setelah penemuan pasteurisasi pada abad ke-19, dan semakin mudah didapatkan pada abad ke-20. Berikut adalah 4 manfaat susu bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui, seperti siaran pers yang diterima ANTARA, Selasa.

1. Memberikan asupan gizi berkualitas

Susu memiliki nilai gizi yang tinggi dan seimbang, dengan kandungan vitamin, mineral, makronutrien, hingga mikronutrien yang baik untuk tubuh.

Nilai gizinya yang tinggi ini membuat susu dapat memberikan kontribusi pada diet yang seimbang. Kombinasi gizi yang unik dalam satu gelas susu, dinilai memiliki efek yang lebih baik bagi kesehatan dibandingkan jika kita mengonsumsi satu jenis zat gizi secara terpisah.

Selain itu, susu juga dapat menjadi media yang baik dalam upaya fortifikasi zat gizi mikro, yaitu penambahan zat-zat gizi pada pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi harian.

Baca juga: Manfaat asam amino esensial pada susu di setiap fase kehidupan

2. Sumber protein dan lemak bagi tubuh

Susu merupakan sumber lemak dan protein berkualitas tinggi yang penting untuk pertumbuhan. Sejumlah 7g protein dan 0-18 persen dari asupan lemak terdapat dalam satu sajian (200 mL) susu.

Mengonsumsi susu dapat membantu memastikan pertumbuhan fisik yang sehat pada anak-anak dengan meningkatkan keseimbangan protein dan lemak dalam tubuh.

Untuk menjaga kualitas susu yang diproduksi, serta dalam upaya mendukung pembangunan masyarakat yang tangguh, Nestlé Indonesia telah bekerja sama dengan 26.000 peternak sapi perah di Jawa Timur sejak tahun 1975.

Dengan tim Milk Procurement & Dairy Development (MPDD), Nestlé Indonesia secara berkelanjutan membina dan mendampingi peternak untuk menjaga kualitas susu.

3. Susu sebagai bagian dari pola makan sehat

Bukti ilmiah mendukung pentingnya susu dan produk susu sebagai bagian dari pola makan yang sehat. Susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Selain itu, banyak penelitian yang telah menghubungkan konsumsi susu dengan manfaat kesehatan lainnya.

Memberikan susu dan makanan dari sumber hewani lainnya telah terbukti dapat meningkatkan indeks status gizi dan fungsi kognitif.

Baca juga: Susu kambing dan kopi untuk perawatan kulit ibu dan anak

4. Susu sebagai sumber protein hewani untuk tumbuh kembang anak

Susu juga merupakan salah satu sumber protein hewani, yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai salah satu asupan yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Saat ini, Indonesia sedang berupaya meningkatkan status gizi anak sebagai generasi penerus bangsa, dengan target penurunan stunting hingga 14 persen pada tahun 2024. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan asupan gizi seimbang sedini mungkin.

Mengacu pada Isi Piringku yang disosialisasikan oleh Kementerian Kesehatan sebagai panduan 1 kali makan, pemberian protein kepada anak diutamakan berasal dari sumber hewani, salah satunya melalui susu.

Protein hewani diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan status gizi anak karena pangan hewani mempunyai kandungan zat gizi yang baik, kaya protein dengan asam amino yang lebih lengkap serta vitamin dan mineral yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan.

Baca juga: Manfaat kesehatan kurma direndam susu

Dengan mengetahui manfaat susu ini, penting bagi kita untuk menjadikan susu bagian dari pola makan sehari-hari untuk mendukung kesehatan dan keseimbangan asupan gizi tubuh kita.

“Menjaga kesehatan diri dan keluarga merupakan tanggung jawab kita semua. Melalui sumber daya alam, kita telah diberikan kebaikan susu yang sangat berharga, dan Nestlé Indonesia berkomitmen untuk memelihara sumber daya yang ada untuk generasi yang akan datang,” kata Corporate Affairs Director Nestlé Indonesia Sufintri Rahayu.

Baca juga: Tak semua susu sapi baik, baca label sebelum konsumsi

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023