Semoga seluruhnya dalam kondisi sehat dan aman hingga tiba di Tanah Suci nanti
Gorontalo (ANTARA) - Anggota Komisi VIII DPR RI dari Daerah Pemilihan Gorontalo, Idah Syahidah, memantau kondisi jamaah calon haji (JCH) asal Gorontalo sejak prosesi pemberangkatan.

Kloter 29 UPG berangkat dari Bandara Djalaluddin Tantu Gorontalo menuju Bandara Hasanuddin Makassar dengan pesawat Lion Air pukul 10.45 WITA. Selanjutnya pada hari ini (13/6) bertolak dari Bandara Hasanuddin Makassar ke Jeddah, Arab Saudi, dengan maskapai Garuda Indonesia pada pukul 17.45 WITA.

"Semoga seluruhnya dalam kondisi sehat dan aman hingga tiba di Tanah Suci nanti," kata Idah, di Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa.

Sebanyak 391 calon jamaah haji Kloter 29 Ujung Pandang (UPG) telah diberangkatkan dari Asrama Haji Provinsi Gorontalo.

Idah mengatakan sangat tertarik melihat profil tamu-tamu Allah itu dari sisi usia. Jamaah haji tertua yakni Hasanah Karim berusia 84 tahun asal Kabupaten Gorontalo. Sementara haji termuda Silvana Nurain Mahmud berusia 20 tahun asal Bone Bolango.

Silvana, kata Idah, didaftarkan orang tuanya saat masih berusia delapan tahun.

Baca juga: Pesan gubernur: Calon haji Gorontalo mesti jalani ibadah penuh ikhlas

"Alhamdulillah saya berangkat dengan paman saya. Didaftarkan orang tua saat masih umur delapan tahun," kata Silvana saat diwawancarai Idah Syahidah yang memantau prosesi pemberangkatan jamaah.

Idah mengatakan keberangkatan Silvana dan apa yang telah dilakukan orang tuanya sangat inspiratif bagi umat Islam, khususnya di Gorontalo. "Ini layak disampaikan kepada umat Islam sebagai kisah inspiratif untuk dapat melaksanakan ibadah haji," kata isteri mantan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie itu.

Data Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Gorontalo menyebut jamaah calon haji Kloter 29 UPG banyak diisi oleh orang berusia di atas 65 tahun yakni sebanyak 130 orang, sementara di bawah 65 tahun sebanyak 261 orang. Tidak salah, kata dia, jika pemerintah mengangkat tema haji tahun ini sebagai Haji Ramah Lansia.

Jamaah yang sulit berjalan dibantu dengan belasan kursi roda sejak berada di asrama, menaiki bus, hingga menaiki pesawat.
 
"Alhamdulillah saat ini para jamaah sudah berada di pesawat untuk segera diberangkatkan ke Tanah Suci," ujar Idah.

Baca juga: Jamaah haji Kloter 14 masuk asrama haji Gorontalo
Baca juga: Menag apresiasi Arab Saudi atas perbaikan pemberangkatan jamaah haji

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023