Jakarta (ANTARA News) - Kisah anak durhaka Malin Kundang yang melakukan perjalanan dan kembali ke kampung halaman, mengilhami koleksi rancangan busana Oki Wong pada perhelatan Indonesia Fashion Week 2013 di Jakarta, Jumat.

"Rancangan busana diterjemahkan ke dalam siluet dan gaya berbusana masa kini sesuai trend global," kata Oki dalam pernyataan persnya semalam.

Gaya padu padan busana muslim untuk perempuan dan pria ditekankan pada tabrak pola, bahan, serta warna.

"Inilah yang menjadi benang merah utama rancangan," sambung Oki.

Untuk koleksi perempuan, Oki melakukan banyak uji coba melalui kreasinya. Aneka rok, celana, gaun, blus dan jaket dirancang Oki untuk koleksinya, mulai rok lipit hingga rok berpola A -line, dipadu aneka blus dengan berbagai jenis bentuk kerah dan lengan.

Oki juga meciptakan aneka celana untuk perempuan, mulai celana harem, celana pipa, hingga celana berpotongan baggy.

Hal serupa juga tampak pada koleksi yang dirancangnya untuk kaum pria.

"Koleksi busana pria diterjemahkan ke dalam gaya tumpuk," jelas Oki.

Penggunaan baju koko berwarna biru laut senbagai dalaman, dipadu dengan jaket longgar dan celana panjang dengan siluet pas pada tubuh.

Untuk kedua rancangannya, Oki menambahkan ornamen kristal dan batu permata yang tujuannya untuk memberi kesan eksklusif dan mewah.

Oki mengawinkan sulam dan songket khas Sumatera Barat dengan kain bahan taffeta, satin velvet, cotton stretch, chiffon ceruti, katun lenin, katun jacquard, dan duchess metalik.

(M048) 

Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013