Jakarta (ANTARA) - Indonesia Now, group show satu-satunya di Asia Tenggara yang mendapat peluang menampilkan peragaan busana di New York Fashion Week (NYFW), menggandeng sejumlah desainer lokal untuk tampil di NFYW Fall/Winter 2024.

Fashion producer Indonesia Now Dina Fatimah, yang akrab disapa Eski, menyampaikan bahwa New York Fashion Week merupakan ajang bisnis fesyen internasional tempat banyak rumah fesyen dunia mengeluarkan koleksi terbaru untuk pasar retail pada tahun berikutnya.

"Ini adalah ajang untuk fashion hice, marketing, dan dare sales. Jadi, ini adalah New York Fashion Week industri dan kalau dilihat dari schedule-nya, kita bareng-bareng (tampil) dengan fashion house besar," katanya dalam konferensi pers Indonesia Now NYFW The Show Fall/Winter 2024-2025 di Jakarta Selatan, Kamis.

Baca juga: Kami. dan Bamed menuju New York Fashion Week

Pada New York Fashion Week Fall/Winter 2024-2025, Indonesia Now menggandeng desainer lokal seperti Catherine Njoo, Hengki Kawilarang, Alleira x Ende x Musume, Hendy Huang, dan Jeny Tjahyawati untuk menampilkan koleksi fesyen terbaru masing-masing. 

Salah satu koleksi Fusion Attractive dari Alleira yang berkolaborasi dengan Ende dan Musume ditampilkan saat konferensi pers Indonesia Now NYFW The Show Fall/Winter 2024-2025 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (1/2/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Alleira akan membawa koleksi Fusion Attractive berupa busana batik dengan detail simple chic drapery berwarna hitam, biru, dan putih yang dikombinasikan dengan motif batik flora dan motif tenun untuk mengangkat ciri khas motif Tanah Air.

Koleksi Fusion Attractive akan ditampilkan bersama jenama tas Ende dan jenama alas kaki Musume, yang produk-produknya dibuat oleh perajin lokal.

Selain itu, Indonesia Now menggandeng Catherine Njoo dengan koleksi gaun The Power of Aphrodite.

Catherine akan menampilkan beragam kain dan tekstur yang menonjolkan kesan feminin dengan aksentuasi renda-sulam hingga pemakaian bahan sifon dalam koleksinya.

Ada juga Jeny Tjahyawati dengan looks Ratoeh Jaroe yang memadukan kain songket Melayu Aceh dan budaya Islam, Hengki Kawilarang dengan koleksi Black & White, serta Hendy Huang dengan koleksi Adaire yang menggambarkan sosok perempuan cantik, feminin, dan berani.

Busana Ratoeh Jaroe dari Jeny Tjahyawati ditampilkan dalam konferensi pers Indonesia Now NYFW The Show Fall/Winter 2024-2025 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (1/2/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)
Koleksi perancang-perancang Indonesia tersebut akan ditampilkan dalam NYFW Fall/Winter 2024-2025, yang dijadwalkan berlangsung September 2024.

Desainer maupun jenama dari Indonesia sudah ikut melakukan pertunjukan solo maupun pertunjukan grup di ajang New York Fashion Week selama hampir 10 tahun.

Melalui partisipasi dalam ajang itu, industri fesyen Indonesia diharapkan dapat masuk ke dalam peta fesyen internasional dan semakin berkembang.

Baca juga: NYFW jadi hadiah 14 tahun berkarya merk fesyen Kami.

Baca juga: Jenama Indonesia antusias tampil di New York Fashion Week 2023

Baca juga: Hengki Kawilarang tampilkan kesan muda lewat Black & White Collection


Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2024