Jakarta (ANTARA) - Pendiri jenama fesyen modest lokal Kami. Istafiana Candarini, Nadya Karina, dan Afina Candarini mengatakan bahwa tampil di New York Fashion Week (NYFW) pada 13 Februari 2023 merupakan hadiah atas 14 tahun berkarya.

"Tahun ini kami memasuki tahun ke-14. Kami. melalui proses yang cukup panjang. Kita mulai dapat tawaran November tahun lalu, dan kita pikir kenapa enggak kita berangkat tahun ini sambil merayakan 14 tahun Kami. di 2023," kata Istafiana Candarini yang akrab disapa Irin saat konferensi pers di Jakarta, Sabtu.

Tampil di NYFW juga merupakan mimpi yang menjadi nyata. Apalagi, kata Irin, fesyen di New York termasuk yang selalu dijadikan referensi dalam berkarir.

Afina Candarini menambahkan tampil di NYFW merupakan pengalaman berharga sebab Kami. dapat belajar banyak hal tentang industri fesyen terutama peragaan busana di sana.

"Kita tahu bagaimana fashion week internasional itu, bagaimana stage management atau crowd management-nya, itu ilmu baru buat kita," kata Afi.

Pada ajang tersebut, Kami. membawa koleksi Charaka Collection yang terinspirasi dari kain tapis Lampung yang dipadu dengan pendekatan yang lebih modern. Kain tapis di daerah asalnya dianggap sakral karena berhubungan dengan kehidupan, baik lingkungan maupun Sang Pencipta alam semesta.

"Pola Charaka terinspirasi dari kehidupan sekitar," kata Irin.
Charaka Collection dari Kami. saat ditampilkan pada konferensi pers di CGV Pacific Place, Jakarta, Sabtu (18/2/2023) (ANTARA/Suci Nurhaliza)

Motif koleksi Charaka Collection menyerupai anak tangga yang menggambarkan 14 tahun perjalanan Kami. yang terus berkembang hingga sampai ke titik sekarang.

Charaka merupakan koleksi dengan kombinasi dari ciri khas Kami., dipadupadankan dengan gaya New Yorkers yang edgy. Sesuai dengan tema Autumn/Winter Collection, Kami. fokus membuat styling yang banyak layer sehingga kesan chic dan modest masih bisa didapatkan.

Koleksi itu bisa dipadupadankan sesuai selera dan cuaca.

"Kami. juga menggunakan berbagai bahan pilihan seperti knit, corduroy, quilted, woven, velvet, denim, tweed, dan organza," ujar Irin.

Nadya Karina menambahkan Charaka Collection sebenarnya bukan semata-mata dibuat khusus untuk NYFW sebab koleksi tersebut telah masuk dalam perencanaan produk yang akan dirilis Kami.

Untuk mendukung kesuksesan pagelaran busana di NYFW, Kami. bekerja sama dengan Tokopedia, HGL modest, Kementerian Perdagangan, Daliatex, Traveloka, Jago Syariah, Lemonilo, Bamed, Java Mifi, TAM ILLI, dan Torenda.

"Kami. dapat menginspirasi merek lokal lainnya untuk memulai dan membangun bisnis di kanal digital untuk merajai tidak hanya di negeri sendiri, tapi, juga bisa setara dengan merek kelas dunia. Perjalanan Kami. selama 14 tahun yang akhirnya bisa tampil di NYFW dengan tetap membawa nilai lokal merupakan hal yang bisa membangkitkan semangat pelaku industri fesyen untuk terus maju," kata External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz.

Beberapa koleksi dari Charaka Collection yang dipamerkan di NYFW termasuk scarf sudah tersedia secara eksklusif di Tokopedia.

Baca juga: Kami. dan Bamed menuju New York Fashion Week

Baca juga: Pilihan baju olahraga baru untuk penganut fesyen "modest"

Baca juga: Tokopedia Fashion Week 2022 dukung pertumbuhan industri fesyen

Baca juga: Jenama Indonesia antusias tampil di New York Fashion Week 2023


Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023