Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan salah satu ajang mode terbesar di dunia, New York Fashion Week (NYFW) menjadi momentum untuk mengenalkan budaya Indonesia di dunia internasional melalui fesyen.

"Memperkenalkan budaya melalui fesyen di dunia internasional sehingga meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia," kata Sandiaga dalam diskusi daring yang dipantau di Jakarta, Senin.

Sandiaga menyampaikan, Kemenparekraf memberikan apresiasi dan siap berkolaborasi serta mempromosikan kegiatan para desainer mode dan fesyen "Indonesia Now" sebagai bagian dari ajang New York Fashion Week (NYFW) yang akan digelar pada September mendatang.

Menurut dia, kekayaan budaya Indonesia memiliki potensi besar dalam bidang fesyen sehingga perlu untuk terus dikembangkan.

Baca juga: Tas produksi Indonesia tembus ajang fesyen New York

Ia berharap, para desainer yang memiliki talenta di bidang mode, busana, atau fesyen tersebut dapat menjadi influencer maupun merk papan atas di kancah internasional.

"Merk asli Indonesia menjadi mainstream, dan semoga dapat membuka peluang usaha serta 4,4 juta lapangan kerja baru," ujarnya.

New York Fashion Week (NYFW) Indonesia Now The Shows Spring Summer 2023-2024 yang akan digelar pada 13 September 2023 akan menghadirkan sejumlah karya milik Amero X Livette, Ayumi, Ghea Panggabean, IKAT Indonesia by Didiet Maulana, Merdi Sihombing, Ivan Gunawan, Kimberly Tandra X Mandy's Shoes.

Sebelumnya, Kemenparekraf juga mendukung penuh partisipasi Indonesia Fashion and Art Festival (IFAF) dalam ajang New York Indonesia Fashion Week 2023.

Baca juga: Kami. dan Bamed menuju New York Fashion Week

Sandiaga mengatakan, partisipasi ini diharapkan bisa memperluas koneksi dan juga pasar pelaku fesyen Indonesia ke pasar internasional, khususnya di New York, Amerika Serikat, serta memperluas wawasan para pelaku fesyen lokal.

Selain itu, kehadiran pelaku fesyen lokal di New York Indonesia Fashion Week ini juga diharapkan bisa memperluas koneksi dan juga wawasan dalam hal desain produk.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023