New York (ANTARA) - Saham-saham di Wall Street lebih tinggi pada akhir perdagangan Selasa (Rabu pagi WIB), dengan indeks S&P 500 dan Nasdaq mencapai penutupan tertinggi dalam 14 bulan setelah data inflasi Mei menambah optimisme investor bahwa Federal Reserve akan melewatkan kenaikan suku bunga pada Rabu.

Indeks Dow Jones Industrial Average terangkat 145,79 poin atau 0,43 persen, menjadi menetap di 34.212,12 poin. Indeks S&P 500 bertambah 30,08 poin atau 0,69 persen, menjadi berakhir di 4.369,01 poin. Indeks Komposit Nasdaq meningkat 111,40 poin atau 0,83 persen, menjadi ditutup pada 13.573,32 poin.

Sepuluh dari 11 sektor utama S&P 500 berakhir di zona hijau, dengan sektor material dan industri memimpin kenaikan masing-masing terkerek 2,33 persen dan 1,16 persen. Sementara itu, sektor utilitas melawan tren dengan kehilangan 0,06 persen.

Saham-saham AS naik pada Selasa (13/6/2023) setelah data inflasi baru menunjukkan tekanan harga mereda pada Mei, memberikan ruang bagi Federal Reserve untuk menahan diri dari menaikkan suku bunga pada Rabu. S&P 500 dan Nasdaq Composite mencapai tertinggi baru 14 bulan.

Indeks harga konsumen (IHK) AS membukukan pertumbuhan tahun-ke-tahun sebesar 4,0 persen pada Mei, level terendah sejak Maret 2021, menurut data yang dikeluarkan oleh Biro Statistik Tenaga Kerja AS pada Selasa (13/6/2023). Indeks inflasi utama menunjukkan ekspansi bulan ke bulan sebesar 0,1 persen pada Mei, lebih rendah dari perkiraan konsensus masing-masing sebesar 0,2 persen dan 0,4 persen pada April.

Pertumbuhan tahun-ke-tahun dari IHK inti, tidak termasuk makanan dan energi, turun menjadi 5,3 persen pada Mei dari 5,5 persen di bulan sebelumnya, menurut Biro Statistik Tenaga Kerja AS. Sementara itu, IHK inti mencatat pertumbuhan 0,4 persen bulan ke bulan untuk bulan ketiga berturut-turut pada Mei.

Laporan inflasi yang mendingin memicu pasar bullish ini karena Fed seharusnya tidak memiliki masalah melewatkan kenaikan suku bunga pada Rabu. Wall Street menjadi sedikit berharap di sini bahwa lompatan Juni Fed pada akhirnya bisa menjadi jeda Juli, kata Edward Moya, analis pasar senior di OANDA, pemasok layanan perdagangan daring multi-aset.

"Penahanan Juni adalah kesepakatan yang sudah selesai dan keputusan FOMC (Komite Pasar Terbuka Federal) Juli seharusnya menjadi lemparan koin karena proses disinflasi kemungkinan akan berlanjut, tetapi tanda-tanda kekakuan tetap ada," kata Moya.

FOMC memiliki sekitar 95 persen kemungkinan menghentikan kenaikan suku bunga dalam pertemuan kebijakan moneter yang sedang berlangsung mulai Selasa (13/6/2023) menurut data dari CME FedWatch Tool pada Selasa (13/6/2023) sore.

"Ekspektasi kami adalah bahwa Fed akan mempertahankan suku bunga tidak berubah, sejalan dengan perkiraan pasar. Namun, kami juga memperkirakan para pembuat kebijakan untuk mengirimkan pesan yang jelas ke pasar bahwa setidaknya satu kenaikan suku bunga kemungkinan akan terjadi pada pertemuan selanjutnya. Meningkatkan 'titik-titik' untuk tahun 2023 dan 2024 akan menandakan niat untuk membiarkan suku bunga lebih tinggi lebih lama, sementara juga memberi para dovish di komite beberapa minggu lagi untuk membuktikan bahwa tekanan inflasi berkurang," kata sebuah catatan penelitian yang diterbitkan oleh UBS Wealth Management USA pada Selasa (13/6/2023).

Sementara itu, teknologi besar terus memimpin pada Selasa (13/6/2023) karena pelonggaran angka inflasi mendorong optimisme untuk sektor ini. Saham raksasa streaming Netflix naik 2,77 persen. Saham Nvidia naik 3,9 persen dengan kapitalisasi pasar 1,01 triliun dolar AS, sementara Tesla memperpanjang rekor kenaikan beruntunnya menjadi 13 hari.

Selama sebagian besar dari dua bulan terakhir, sentimen tetap agak pesimistis, yang merupakan salah satu alasan mengapa rata-rata saham tidak berjalan dengan baik. Tetapi sentimen telah berubah menjadi bullish dalam seminggu terakhir, kata Mike Wilson, kepala strategi ekuitas AS Morgan Stanley.

“Selain itu, ini bukan hanya sentimen, karena aliran ritel dan institusional telah kembali ke pasar ekuitas dengan tema dominan teknologi dan kecerdasan buatan,” kata Wilson.

Baca juga: Minyak "rebound" ditopang optimisme atas prospek permintaan
Baca juga: Emas merosot seiring data inflasi AS yang sesuai dengan ekspektasi
Baca juga: Dolar melemah di tengah perlambatan inflasi AS

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023