Jakarta (ANTARA) - Tim balap Repsol Honda mengonfirmasi bahwa pebalapnya, Joan Mir, akan absen mengikuti putaran ketujuh ajang itu di Jerman, setelah menderita cedera akibat kecelakaan di MotoGP Prancis, akhir pekan lalu.

Dikutip dari laman resmi tim, Rabu, Mir telah menjalani MRI, dan hasil mengungkapkan adanya memar yang signifikan di tangan kanannya dengan cairan sinovial dan pembengkakan yang dapat membatasi kekuatan dan mobilitas tangan kanannya.

“Mempertimbangkan hasil MRI tersebut, Mir tidak akan berpartisipasi di GP Jerman dan melakukan proses pemulihan dengan Dr. Juan Garcias, untuk mengevaluasi perawatan terbaik dan rencana pemulihan cedera tangan kanannya, agar dapat kembali secepat mungkin. Dia tidak akan digantikan untuk GP Jerman,” kata tim.

Sementara itu, pebalap Repsol Honda lainnya, Marc Marquez, mengatakan dirinya mengincar hasil yang lebih baik di Sirkuit Sachsenring, sirkuit di mana ia meraih 11 kemenangan dalam 11 penampilan terakhirnya di sana.

Baca juga: Joan Mir sebut MotoGP 2023 sangat menantang buat Honda

Sejak 2010, Tim Repsol Honda telah meraih 11 kemenangan di Sachsenring. Trek Jerman sepanjang 3,67 kilometer itu memiliki gelombang dengan tikungan yang didominasi ke kiri.

Sejak 2013 dan seterusnya, Marc Marquez telah dinobatkan sebagai “SachsenKing” dengan sederet pencapaiannya di Jerman, termasuk pada tahun 2021 ketika ia meraih kemenangan pertama yang emosional setelah cedera tahun 2020.

“Ketika Anda mengalami akhir pekan yang sulit, hal terbaik yang bisa terjadi adalah langsung balapan – dan inilah yang harus kami lakukan. Kami tiba di Sachsenring, trek yang selalu saya nikmati dan sangat sukses buat kami,” kata Marquez.

“Tentu saja, saya datang ingin melakukannya dengan baik, fokus dan determinasi saya 100 persen seperti biasanya. Akan ada banyak penantang tahun ini dan kami perlu bekerja dengan baik sejak awal dan terus bekerja dengan Honda untuk berkembang lebih jauh,” imbuhnya.

Baca juga: Mir ungkap tantangan terbesar pada MotoGP Amerika
Baca juga: Tim Repsol Honda pamerkan livery baru motor Marquez dan Mir


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023