Baturaja (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre IV Tanjungkarang memperpanjang periode pemesanan tiket Kereta Api Ekspres Rajabasa relasi Tanjungkarang-Kertapati(PP) yang dapat dipesan mulai H-90 sebelum keberangkatan.

"Mulai 1 Juli 2023, tiket KA Ekspres Rajabasa dapat dipesan mulai H-90 sebelum hari keberangkatan," kata Pelaksana Harian Manager Humas PT KAI Divre IV Tanjungkarang Muhammad Reza Fahlepi dalam keterangannya di Baturaja, Rabu.

Dia menjelaskan, pihaknya terus berupaya meningkatkan pelayanan pelanggan kereta api agar lebih leluasa dalam merencanakan perjalanan menggunakan jasa angkutan transportasi tersebut.

Baca juga: KAI perpanjang periode pemesanan tiket kereta jarak jauh

Sebelumnya, pemesanan tiket kereta api jurusan tersebut hanya dapat dipesan dalam jangka waktu H-30 sebelum hari keberangkatan.

Kemudian per 10 Juni 2023, tiket Kereta Api Ekspres Rajabasa sudah dapat dipesan mulai H-45 melalui KAI Acces, website resmi ataupun gerai agen perjalanan yang bekerja sama dengan KAI.

Perpanjangan periode pemesanan tiket ini merupakan upaya peningkatan pelayanan KAI dengan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi masyarakat dalam merencanakan perjalanannya menggunakan kereta api.

KAI juga mengimbau pelanggan agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatan kereta api yang tertera pada tiket atau e-ticket.

Hal itu dilakukan seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (GAPEKA) 2023 yang diberlakukan sejak 1 Juni 2023.

Di samping itu, kata dia, pihaknya terus mengingatkan seluruh pelanggan agar turun di stasiun sesuai dengan yang tertera di tiket.

Jika pelanggan didapati sengaja turun melebihi stasiun yang tertera di tiket,  yang bersangkutan akan diturunkan di stasiun terdekat yang berkemungkinan jauh dari akses jalan raya.

Baca juga: KAI: 99 ribu tiket kereta jarak jauh dipesan pada momen libur panjang

Reza menegaskan, kondektur dibekali dengan aplikasi Check Seat Passenger sehingga dapat mengetahui identitas penumpang, tempat duduk, dan relasi tiket yang dibeli.

"KAI terus beradaptasi dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Diharapkan perpanjangan periode pemesanan tiket ini animo masyarakat semakin tinggi menggunakan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, dan sehat," ujar Reza.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023