Mekkah (ANTARA) - Kepala PPIH Arab Saudi Daker Mekkah Khalilurrahman meninjau lokasi rumah potong hewan (RPH) Al Ukaisyah yang akan digunakan untuk penyembelihan kambing dalam rangka pembayaran dam bagi petugas haji. 

Khalil mengatakan PPIH Arab Saudi pada tahun ini akan mengakomodir pembayaran dam bagi petugas haji PPIH Arab Saudi dan kloter sesuai dengan surat edaran dari Dirjen PHU Kemenag.  

"Kita ambil kambing yang terbaik jenisnya adalah barbari harga 650 riyal, kita nego jadi 600 riyal," kata Khalil saat meninjau RPH di Mekkah, Rabu.   

Khalil menambahkan harga 600 riyal sesuai dengan surat edaran itu sudah termasuk harga kambing, jasa pemotongan, pengulitan, pembersihan, pendinginan, pengepakan dan pendistribusian di kawasan Mekkah.   

Selain meninjau RPH, Khalil bersama sejumlah petugas dari Daker Mekah juga melakukan penyembelihan hewan kambing sebelum dimulainya program bagi petugas PPIH Arab Saudi dan Kloter secara keseluruhan.  

Dalam kunjungannya, Khalil memilih kambing yang akan disembelih diantara ribuan kambing yang asa di kandang, dilanjutkan dengan pembayaran di loket.

Selanjutnya Khalil dibantu petugas RPH menyembelih sendiri kambing yang digunakan untuk pembayaran dam itu.

Khalil juga menyaksikan secara langsung proses pengulitan, pembersihan daging hingga ruang pendingin yang akan digunakan.

Pemilihan Al Ukaisyah sebagai RPH untuk pembayaran dam menurut Khalil karena mempunyai kesamaan visi dengan PPIH Arab Saudi.

"Saat memilih RPH kita pastikan mempunyai visi yang sama dengan kita yakni amanah, transparan dan akuntabel," kata Khalil.

Selain itu RPH tersebut dapat menampung 1,5 juta kambing pada musim haji dengan jumlah total pekerja dan juru sembelih mencapai 4 ribu orang.

Khalil mengatakan melalui pengorganisasian pembayaran dam, ke depannya akan mengirim daging kambing untuk fuqara dan masakin di Tanah Air.

Menurut Khalil Ibadah haji tidak hanya memberikan manfaat spiritual namun juga nilai manfaat secara sosial kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan, selain itu juga untuk menyukseskan program pengentasan kemiskinan.

Sebelum meninggalkan lokasi RPH, khalil bersama rombongan menerima sertifikat pembayaran dam atas nama dirinya dan rombongan yang telah melakukan penyembelihan.

Turut mendampingi dalam kunjungan itu yakni Kasie Bimbingan Ibadah Zulkarnain dan Kasie Perlindungan Jamaah Daker Mekkah Rija Kani.

Baca juga: PPIH mengoordinasi pembayaran dam jamaah haji Indonesia

Baca juga: PPIH akan melakukan rasionalisasi pembayaran dam bagi petugas haji

Baca juga: Cuaca di Mekkah panas, PPIH imbau jamaah jaga kesehatan

Baca juga: Pengawasan konsumsi jamin katering jamaah haji penuhi standar gizi


Pewarta: Wahyu Putro Arinto
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023