Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo secara resmi membuka pameran ter-lama dan terbesar di kawasan Asia Tenggara, Jakarta Fair 2023, di JI-Expo Kemayoran, Rabu malam.

Pembukaan resmi Jakarta Fair ditandai dengan pemukulan drum diikuti meriahnya pesta kembang api.

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada malam hari ini secara resmi saya buka Jakarta Fair Kemayoran 2023," kata Presiden Jokowi di Ji Expo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Presiden Jokowi tiba di kawasan panggung utama sekitar pukul 19.10 WIB didampingi oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Presiden Jokowi yang mengenakan batik bernuansa hitam dan cokelat itu disambut oleh para tamu dan duta besar negara sahabat.

Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju yang turut hadir dalam pembukaan acara, yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Hadi Tjahjanto dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan Jakarta Fair Kemayoran selalu ditunggu setiap tahunnya oleh warga Jakarta dan menjadi penanda HUT DKI Jakarta yang jatuh pada 22 Juni atau pekan depan.

Kepala Negara mengatakan Jakarta Fair tahun ini memasuki penyelenggaraan yang ke-54.

Baca juga: Presiden Jokowi direncanakan hadiri pembukaan Jakarta Fair 2023

Baca juga: Pekan Raya Jakarta 2023 tebar tawaran makanan dan minuman harga hemat


"Tahun lalu dikunjungi oleh 6,9 juta pengunjung dengan transaksi Rp7,3 triliun. Sebuah jumlah yang tidak kecil. Oleh sebab itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun kota Jakarta yang ke 496," kata Presiden.

Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta (PRJ) Kemayoran, digelar selama 33 hari yang dibuka mulai 14 Juni sampai 16 Juli 2023 di Jakarta International Expo (JIEXPO) Kemayoran, Jakarta Pusat.

Marketing Director JiExpo Kemayoran Ralph Scheunemann mengatakan gelaran Jakarta Fair Kemayoran tahun ini diikuti oleh 2.500 perusahaan peserta yang terdiri dari 1.500 stan yang memamerkan berbagai produk unggulan dengan pemberian potongan harga atau diskon.

"Tenant ada 2.500 perusahaan dengan 1.500 booth, dan yang menggembirakan adalah pembagian-nya itu kurang lebih adalah 60 persen pihak swasta dan 40 persen UMKM," tutur Ralph dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/6).

General Manager PT JiExpo Oki Setiawan mengatakan harga tiket masuk Jakarta Fair tidak mengalami perubahan.

Sejak tahun lalu, harga tiket masuk Jakarta Fair terbagi dua, yakni berlaku untuk pameran saja dan "bundling" sudah termasuk tiket konser musik.

"Start paling murah Rp50.000 tiket konser sudah 'include' (termasuk) tiket masuk Jakarta Fair," ucap Oki.

Untuk mengantisipasi panjangnya antrean pembelian tiket melalui loket, penyelenggara membuka opsi pembelian tiket daring melalui situs resmi jakartafair.co.id dan eventguide.id.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023