Ambon (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian menyalurkan sejumlah bantuan ke daerah perbatasan di Maluku dalam rangkaian Gerakan Pembangunan Terpadu Daerah Perbatasan (Gerbangdutas) 2023.

"Sejumlah layanan dan bantuan yang diberikan kepada masyarakat, antara lain berupa 850 paket sembako dari BRI dan BNI yang didistribusikan ke 12 kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) kawasan perbatasan," ujar Plh Sekretaris Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Robert Simbolon di Ambon, Kamis.

Ke-12 kecamatan tersebut, adalah Kecamatan Letti, Moa, Kisar Utara, Kisar Selatan, Mdona Hiera, Pulau Masela, Kecamtan Wetar Barat, Wetar, Wetar Timur, Wetar Utara, Pulau Barbar, dan Kecamatan Pulau Terselatan.

Baca juga: Kominfo akan luncurkan satelit RI-I untuk jaringan di daerah terpencil

Robert menambahkan bantuan lainnya yang diserahkan untuk 12 kecamatan Lokpri, termasuk untuk satuan tugas pengamanan pulau terluar (Satgas Pamputer) adalah 30 unit motor tempel berkekuatan 7,5 PK dan genset 300 watt sebanyak enam unit oleh PT. Deli Pratama Nusantara, serta solar cell 500 wh sebanyak enam unit dari BAZNAS.

"Dana sebesar Rp7,7 triliun untuk pembangunan kawasan perbatasan tersebut digunakan oleh 28 kementerian dan lembaga (K/L) yang sebagian besar merupakan anggota BNPP, sedangkan Maluku kebagian Rp760 miliar," kata Robert, yang juga menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP.

Robert menjelaskan pencanangan Gerbangdutas 2023 adalah gerakan nasional serentak sebagai simbol dimulainya pembangunan di kawasan perbatasan negara untuk tahun berjalan sesuai dengan rencana kerja pemerintah. Pada 2023, Pemerintah Pusat mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,7 triliun lebih untuk mendukung pelaksanaan rencana aksi Pengelolaan Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan (PBWN-KP).

Robert mengungkapkan sebelum memulai rangkaian acara pencanangan Gerbangdutas 2023 di Pulau Moa, duet Menko Polhukam dan Mendagri Tito akan mengunjungi salah satu Pulau-pulau Kecil Terluar (PPKT), yakni Pulau Meatimiarang, di Kecamatan Mdona Hiera, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD).

Baca juga: BNPP pacu pembangunan kawasan perbatasan 2023 lewat Gerbangdutas

Baca juga: Gerbangdutas komitmen pemerintah bangun perbatasan dan perkuat sinergi


​​​​​​Pulau Meatimiarang yang memiliki luas 13,29 kilometer persegi ini awalnya adalah pulau tak berpenduduk dan hanya dihuni oleh Satgas Pamputer TNI. Kini, Pulau Meatimiarang dihuni oleh 17 kepala keluarga (KK) yang mata pencahariannya adalah nelayan.

Di Pulau Meatimiarang, Menko Polhukam dan Mendagri, selain mengecek fasilitas sarana dan prasarana Satgas Pamputer, juga akan berdialog dengan personel Satgas Pamputer sekaligus memberikan bantuan kepada Satgas Pamtas dan masyarakat yang ada di pulau tersebut.

Dalam pencanangan Gerbangdutas 2023, sambung Robert, juga diselenggarakan layanan administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil)  oleh Ditjen Dukcapil Kemendagri, layanan kesehatan ibu dan anak oleh Dinkes Provinsi Maluku dan Dinkes Kabupaten MBD.

"Pada Gerangdutas kali ini juga kami fasilitasi pelaksanaan Gerakan Pangan Murah oleh Badan Pangan Nasional (Bapanas)," kata Robert.

Menko Polhukam, Mahfud MD dan Mendagri dijadwalkan mengunjungi Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Tiakur Pulau Moa.

Baca juga: Mahfud MD luncurkan pencanangan Gerbangdutas 2021 di PLBN Aruk

Pencanangan Gerbangdutas 2023, akan ditandai dengan peresmian sejumlah sarana dan prasarana yang pengerjaannya selesai pada 2022. Proyek yang akan diresmikan adalah preservasi jalan di Pulau Leti, rekonstruksi jalan Kliis-Nyama sepanjang 174 km, penggantian Jembatan Wear Nuwewang sepanjang 20 meter di Pulau Leti, pembangunan gedung SMAN 20 Pulau Masela, pembangunan gedung laboratorium kimia SMAN 9 Kecamatan Moa, dan pembangunan Rumah Sakit Umum Penok Tiakur.

Selama Gerbangdutas Tahun 2023, Menko Polhukam dan Mendagri didampingi pejabat tinggi madya BNPP, di Plh Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Gutmen Nainggolan, Deputi Bidang Pengelolaan Infrastruktur Kawasan Perbatasan, Jeffry Apoly Rahawarin, serta Kelompok Ahli (Pokli) BNPP Hamidin dan Ali H. Bogra.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023