Boyolali (ANTARA) - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo telah menerbangkan sekitar 75 persen jamaah calon haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta hingga hari ke-23 keberangkatan menuju Tanah Suci.

"PPIH Embarkasi Solo hingga hari ke-23 keberangkatan telah diterbangkan sebanyak 25.133 calon haji asal Jateng dan DIY ke Tanah Suci atau sekitar 75 persen dari total 33.524 calon haji tahun ini," kata Humas PPIH Embarkasi Solo Gentur Rama Indriyadi di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Kamis.

Embarkasi Solo pada Kamis ini, dijadwalkan telah memberangkatkan jamaah calon haji tiga kloter yakni 70 asal Kabupaten Cilacap, pada pukul 01.20 WIB, 71 asal Cilacap dan Purbalingga, pada pukul 19.05 WIB dan 72 asal Purbalingga dan Banyumas, pukul 22.55 WIB.

"Jamaah calon haji kloter 70 asal Cilacap sebanyak 360 calon haji telah diberangkatkan ke Tanah Suci, melalui Bandara Adi Soemarmo Boyolali, pada pukul 01.20 WIB. Sehingga, total hingga kloter 70 ini, sebanyak 25.133 calon haji yang sudah diberangkatkan," kata Gentur.

Selain itu, PPIH Embarkasi Solo juga kedatangan jamaah calon haji di Asrama Haji Donohudan Boyolali sebanyak tiga kloter yakni 73, 74, dan 75 semuanya asal Banyumas. Kloter 73 tiba di asrama pada pukul 06.00 WIB, kemudian disusul kloter 74 pukul 09.00 WIB, dan kloter 75 masuk asrama pukul 16.00 WIB.

"Sehingga, total jamaah calon haji yang sudah masuk embarkasi di Donohudan Boyolali, hingga kloter 74 sebanyak 26.622 calon haji," katanya.

Baca juga: Pemerintah fasilitasi badal haji bagi jamaah meninggal dan sakit

Dia menjelaskan jamaah calon haji Embarkasi Solo yang sakit di Arab Saudi, hingga hari ke-23 keberangkatan sebanyak 41 orang yang terdiri dari dirawat di Makkah sebanyak 32 orang dan di Madinah ada sembilan orang.

Calon haji yang sakit setibanya di Asrama Haji Donohudan Boyolali, ada enam orang, mereka dirujuk dan dirawat di RSU Dr. Moewardi Solo ada dua orang, di RSUP Solo satu orang dan RS TNI AU ada tiga orang. Sedangkan, calon haji yang tunda berangkat karena kondisi kesehatan tidak memungkinkan diterbangkan berhaji ada 24 orang.

Untuk jamaah calon haji Embarkasi Solo yang meninggal dunia dilaporkan bertambah satu orang atas nama, Somar Sobari Sandikrama (64), asal Cilacap tergabung kloter 69. Calon haji ini, meninggal di RSU Dr. Moewardi Solo, pada Rabu (14/6), pukul 12.15 WIB karena serangan jantung.

Jenazahnya langsung diserahkan kepada pihak keluarga dengan didampingi panitia daerah untuk dimakamkan ke daerah asal. Sehingga, total jamaah meninggal menjadi 12 orang yang terdiri dari 11 orang di Tanah Suci dan satu orang lainnya di Tanah Air. ***3***

Baca juga: Kadaker Madinah titip doa kepada jemaah yang masuk Raudah
Baca juga: Menag harap kerja sama bidang haji dengan Saudi semakin ditingkatkan

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023