Jakarta (ANTARA) — Dalam rangka menyambut Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2023, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyelenggarakan Pameran Pancasila Virtual Expo 2023 yang berlangsung pada 28 Mei hingga 18 Agustus 2023. 

Dapat diakses melalui https://pancasilaexpo2023.bpip.go.id/
mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

"Maksud dan tujuan peringatan hari lahir Pancasila tahun 2023 ini yaitu, pertama menguatkan semangat gotong royong penggunaan Pancasila demi terwujudnya peradaban dan pertumbuhan global," tutur Kepala BPIP Prof. Dr. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.. 

"Kedua mengobarkan semangat nasionalisme, persatuan dan kesatuan bangsa. Tiga mendorong aktualisasi Pancasila secara masif dan sistematis," jelasnya. Dikatakan Kepala BPIP, keberadaan Pancasila merupakan anugerah yang luar biasa bagi bangsa Indonesia, untuk itu kehadiran Pancasila patut disyukuri dengan cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila. 

"Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana seperti, saling menghargai, bekerja sama, peduli dan saling menghormati. Pengamalan nilai Pancasila dalam kehidupan tentunya akan membawa peradaban bangsa ke arah yang lebih baik lagi," tukasnya.

Pancasila Virtual Expo 2023 diharapkan dapat menjadi pemantik bagi bangsa indonesia untuk bahu membahu mewujudkan peradaban bangsa Indonesia yang lebih maju dan menjadi pusat pertumbuhan dunia. 

Sebagai upaya gotong royong, mendukung kemitraan stakeholders dalam pengarusutamaan Pancasila. Diharapkan seluruh komponen masyarakat bisa mengakses pameran Pancasila Virtual Expo 2022, baik pelajar, mahasiswa, pekerja, aparatur sipil negara, TNI, Polri maupun pemangku jabatan lainnya. Selain mengunjungi booth yang ada di pameran virtual, masyarakat juga bisa mengumpulkan poin dan mengikuti kontes foto yang berhadiah uang elektronik. Info lebih lanjut kunjungi Instagram @pancasilaexpo. #SALAMPANCASILA

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023