Jakarta (ANTARA) - Pasangan ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berhasil maju dengan mudah ke babak perempat final Indonesia Open 2023 usai mengalahkan wakil Kanada Catherine Choi/Josephine Wu, Kamis.

Apri/Fadia mengakhiri pertandingan berdurasi 32 menit yang berlangsung di Istora Senayan Jakarta itu melalui dua gim langsung 21-13, 21-10.

“Alhamdulillah kita bisa memenangkan pertandingan hari ini. Kami lebih fokus di setiap poinnya karena pertandingan kemarin jadi pelajaran berharga buat kita. Jadi hari ini kita lebih fokus dan mengurangi error,” kata Fadia dalam jumpa pers usai pertandingan.

Apri/Fadia yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di Indonesia Open 2023 memulai gim pertama dengan meyakinkan. Beberapa kali keduanya unggul jauh atas Choi/Wu seperti pada awal gim 4-0 dan 10-5. Namun, momentum itu tidak berlangsung lama karena perlahan tapi pasti pasangan Kanada mampu mengejar ketertinggalan dan mempersempit jarak keunggulan Indonesia 9-11. Meski demikian, Apri/Fadia masih fokus dan terus mengamankan gim pembuka dengan skor akhir 21-13.

Baca juga: Apri/Fadia tuntaskan laga panjang lawan Efler/Lohau di Indonesia Open

Di gim kedua, Apri/Fadia tetap tampil dominan dan tidak ada perlawanan yang berarti dari Choi/Wu. Sempat bermain ketat di awal gim, poin beruntun yang didapatkan pasangan Indonesia mampu membawa mereka menuju babak perempat final turnamen BWF berlevel Super 1000 itu.

Apri/Fadia menjadi satu-satunya ganda putri Indonesia yang tersisa setelah dua pasangan lainnya yaitu Amalia Cahaya Pratiwi/Febriana Dwipuji Kusuma dan Rachel Allessya Rose/Meilysa Trias Puspitasari sama-sama takluk dari pasangan China di babak 16 besar.

Dari 13 wakil Indonesia, tujuh di antaranya melaju ke babak delapan besar. Tiket pertama diraih oleh ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari usai mengalahkan Tan Kiang Meng/Lai Pei Jing (Malaysia).

Lebih lanjut, dua tunggal putra andalan Indonesia juga merebut tiket yang sama. Anthony Sinisuka Ginting berhasil mengalahkan Priyanshu R (India), sementara Jonatan Christie juga menghentikan Toma Junior Popov (Prancis) ke babak berikutnya.

Dari sektor ganda putra, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto meraih kemenangan dan lanjut ke babak perempat final. Satu tiket lainnya juga dipastikan Indonesia mengingat perang saudara antara Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan dan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

Sementara, tunggal putri Putri Kusuma Wardani harus mengakui keunggulan Akane Yamaguchi di babak 16 besar.

Baca juga: Apriyani sebut pentingnya ubah pola pikir dan bermain dengan hati
Baca juga: Ginting lalui laga penuh tekanan hadapi pemain cadangan India


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023