Manado (ANTARA) - PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi (Samrat) menyiapkan pelayanan khusus Jamaah Haji 1444 H lanjut usia (lansia) asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

"Kami koordinasi dengan airlines dan KKP untuk pelayanan khusus bagi lansia terlebih khusus yang menggunakan kursi roda," kata GM Bandara Samrat Minggus Gandeguai, di Manado, Kamis.

Jamaah haji 1444 H asal Sulut yang lanjut usia sebanyak 246 orang, dengan usia 60-70 tahun paling banyak yakni 125 orang, kemudian, usia 70-80 tahun sebanyak 97 orang, usia 80-90 tahun 21 orang dan usia 90-100 tahun ada tiga orang.

Dia mengatakan sesuai kebijakan pemerintah tahun 2023 haji ramah lansia, sehingga PT Angkasa Pura sangat mendukung dengan memberikan pelayanan prima pada JCH.

Baca juga: Ratusan calon haji Sulut diberangkatkan ke Embarkasi Balikpapan

Baca juga: Keberangkatan-pemulangan calhaj Sulut, Kemenag tingkatkan koordinasi


Dia mengatakan jamaah asal Sulut, saat ini berangkat dari Bandara Sam Ratulangi Manado menuju embarkasi Balikpapan yang terbagi menjadi 3 kloter yakni Kloter 16 sebanyak 299 orang, Kloter 17 sebanyak 299 orang dan Kloter 18 sebanyak 156 orang.

Ketiga kloter tersebut diberangkatkan hari ini (15/06) pukul 20.00 WITA dan sebagian lagi diberangkatkan di tanggal 16 Juni 2023 dengan menggunakan pesawat carter Lion Air JT 980 (B738) menuju Balikpapan.

Untuk hari ini, katanya, sebanyak 368 orang akan diberangkatkan dan sisanya 386 calon  haji diberangkatkan pada tanggal 16 Juni 2023.

Dalam rombongan jamaah haji kali ini yang paling tua bernama Jima Juma, asal Manado berusia 100 tahun.

Tahun 2023 ini, terdapat 753 calon haji yang berangkat melalui Bandara Sam Ratulangi Manado menuju embarkasi Balikpapan.

Minggus menambahkan, PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Sam Ratulangi Manado sudah melakukan berbagai persiapan keberangkatan para jamaah calon haji, utamanya kesiapan personel dalam melayani para jamaah, sehingga diharapkan keberangkatan para calon jamaah hari ini dan besok dapat berjalan aman dan lancar.

“Semoga ibadah haji dapat berjalan lancar,  jamaah diberi kesehatan dan pulang kembali ke tanah air dengan selamat serta menjadi haji yang mabrur yang dapat memberikan dampak  positif bagi sekitar,” ujar Minggus.

Jamaah yang diberangkatkan hari ini berasal dari Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolmong Selatan, Kabupaten Bolmong Timur, Kabupaten Bolmong Utara, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kota Tomohon, dan sekitarnya.

Sedangkan, pada Kloter 17, jamaah yang akan diberangkatkan besok berasal dari Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Kepulauan Sangihe, dan Kloter terakhir atau kloter 18 berasal dari Kota Bitung, Kabupaten Minahasa utara.

Kakanwil Kemenag Sulut H Sarbin Sehe mengatakan JCH 1444 H tahun 2023 memiliki jamaah lansia yang cukup banyak, sehingga perlu penanganan khusus.

Kebijakan pemerintah tahun 2023 yakni haji ramah lansia, hal ini tentu membutuhkan perhatian semua pihak, walaupun belum tentu yang berusia lanjut itu merepotkan.*

Baca juga: Sulut dapat tambahan 61 calon haji 1444 H

Baca juga: Kemenag Sulut distribusikan koper jamaah calon haji


Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023