Dokter dokter spesialis ini kan rata rata hanya ada di rumah sakit daerah. Saat ini melalui pelayanan langsung di sektor kesehatan, mereka hadir di kecamatan dan memDokter dokter spesialis ini kan rata rata hanya ada di rumah sakit daerah. Saat ini m
Gorontalo (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo, menerjunkan dokter spesialis untuk melayani masyarakat secara langsung di kecamatan.

"Dokter dokter spesialis ini kan rata rata hanya ada di rumah sakit daerah. Saat ini melalui pelayanan langsung di sektor kesehatan, mereka hadir di kecamatan dan memberi pelayanan langsung di puskesmas. Saya harap masyarakat bahagia bisa mendapatkan pelayanan langsung dari dokter spesialis," kata Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya di Gorontalo, Kamis.

Ia menggagas pelayanan langsung dokter spesialis di kecamatan kecamatan. "Pemprov kolaborasi dengan pemerintah daerah, termasuk dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara yang berhasil melaksanakan pelayanan bergerak dari pusat pemerintahan kabupaten ke kecamatan, termasuk pelayanan kesehatan. Seperti yang digelar di Puskesmas Dulukapa Kecamatan Sumalata Timur melalui program 'Motabi Kambungu'," katanya.

Puskesmas Dulukapa, salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama yang ada di wilayah pesisir Gorontalo, dan berada jauh dari rumah sakit daerah.

Gubernur Ismail mengaku senang bisa memboyong para dokter spesialis untuk melayani langsung masyarakat di wilayah pesisir yang tergolong terpencil. Mengingat jarak tempuh ke rumah sakit terdekat, minimal 3 jam.

Ada empat dokter spesialis yang dihadirkan oleh Pemprov Gorontalo yakni spesialis mata, jantung, penyakit dalam dan spesialis kandungan.

"Saya minta ke seluruh dokter spesialis agar memberikan pelayanan terbaik. Pelayanan terbaik itu bukan hanya diberi obat, tapi mereka harus dilayani dengan ramah, diberikan saran dan masukan bagaimana pasien sembuh dari penyakit. Mendapatkan layanan terbaik pun menjadi obat tercepat dan terbaik bagi pasien. Saya senang masyarakat di Kecamatan Sumalata Timur bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan ini. Saya harap ikut menjangkau masyarakat di wilayah kecamatan terdekat lainnya," kata Penjabat Gubernur Ismail Pakaya.

Baca juga: Ahli: Trauma masa kecil membentuk respon seseorang saat hadapi masalah
Baca juga: Dokter: Kesehatan mental meliputi segala aspek kehidupan masyarakat
Baca juga: Ahli: Kunjungan ke psikiater bukti generasi Z peduli kesehatan mental

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023