Jakarta (ANTARA) - Meat and Livestock Australia (MLA) dan negara bagian Australia New South Wales (NSW) berkolaborasi untuk memperkenalkan kualitas daging sapi NSW kepada masyarakat di Indonesia melalui program global bertajuk “Aussie Beef Mates”.

Program ini pun melibatkan lima chef profesional untuk menyajikan daging sapi NSW. Mereka adalah Head Chef Toma Brasserie and Bar Kartika Chandra, Executive Chef Aprez Stefu Santoso, Chef Owner Silk Bistro Freddie Salim, Executive Sous Chef Raffles Jakarta Muhammad Maliki yang berkolaborasi dengan Executive Sous Chef Arts Cafe Raffles Jakarta Lukman Hakin, serta Chef dari Tucanos Brazilian BBQ Rahmatullah Awaludin.

”Kami sangat senang dapat memperkenalkan para chef muda dan berbakat Indonesia yang memiliki imajinasi dan kreasi kuliner memikat sebagai ’Aussie Beef Mates’ di Jakarta,” kata Global Business Manager MLA Joshua Anderson saat dijumpai di Raffles, Jakarta Selatan, Kamis malam.

Baca juga: Alasan daging sapi Australia disebut berkualitas

”Kami berharap mereka dapat mencapai level kuliner yang lebih tinggi dengan tersedianya pasokan daging sapi Australia yang berkualitas dan pengalaman dalam berinovasi dengan potongan daging sapi yang berbeda dalam hidangan buatan mereka,” sambungnya.

Program ini memberikan kesempatan kepada para chef untuk belajar mengenai produksi daging sapi NSW dari peternakan hingga ke atas piring. Mereka juga berpartisipasi dalam masterclass daging sapi Australia yang akan membahas berbagai topik seperti penyembelihan, kualitas makanan, keamanan pangan, sistem integritas, dan membangun jejaring dengan chef lain dan para profesional di industri ini.

Melalui program ini pula, kelima chef tersebut juga akan menciptakan hidangan kreasi mereka sendiri dengan daging sapi NSW. Setelah itu, mereka akan mempromosikan daging sapi NSW melalui hidangan mereka yang akan tersedia selama periode 15 hingga 30 Juni 2023.

Menu-menu kreasi para chef tersebut adalah Andaliman Australian Beef Steak dari Chef Kartika dan Roasted Black Pepper Australia Eye of Rump, Potato Gratine, Spring Vegetable and Pepper Sauce dari Chef Stefu.

Selain itu ada pula Red Curry Australian Short Ribs, Oyster Mushroom, Apple Eggplant, Peanut, Thai Basil dari Chef Freddie, Aus Beef Pithvier dari Chef Maliki dan Chef Lukman, serta terakhir Picanha (Australian Prime Top Sirloin) & Cupim (Australian Beef Hump) dari Chef Rahmatullah.

Terakhir, Ranch Market juga akan menjadi tuan rumah pameran khusus produk daging sapi NSW selama promosi berlangsung. Pameran ini bertujuan agar konsumen berkesempatan menjelajahi dan mengapresiasi daging sapi NSW.

"Aussie Beef Mates" akan memperkuat ikatan antara produsen Australia dan perusahaan jasa makanan Indonesia serta menciptakan peluang untuk pertumbuhan dan perdagangan," kata Trade and Invesment Director NSW, Yonathan Wijaya.

"Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat menempatkan daging sapi NSW sebagai pilihan utama dan mengajak masyarakat Indonesia untuk menikmati cita rasa dari daging sapi NSW," tutupnya.

Baca juga: MLA gelar grand final "National Butchery and Cooking Competition"

Baca juga: Sajian makan malam dengan jalinan rasa Indonesia & Australia

Baca juga: "Jalan-jalan" ke Australia lewat olahan daging sapi


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023