Jakarta (ANTARA) - Blu by BCA Digital kembali memperluas layanannya sebagai Bank-as-a-Service (BaaS) dalam kolaborasi blUnion terbaru bersama EmasKITA untuk memberikan kemudahan berbelanja dan berinvestasi emas.

Dengan begitu sebagai mitra perbankan, blu by BCA Digital menyediakan fitur pembayaran yang aman dan praktis dalam aplikasi EmasKITA bagi nasabah yang ingin membeli emas untuk berinvestasi melalui aplikasi EmasKITA.

"Ini merupakan bagian dari upaya kami untuk terus membangun ekosistem digital Indonesia. Kami berharap kolaborasi ini dapat mendorong lebih banyak lagi masyarakat untuk bertransaksi dan berinvestasi lewat pembelian emas,” ujar Direktur Utama PT BCA Digital Lanny Budiati dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

Investasi pada instrumen emas menjadi salah satu jenis investasi yang paling diminati di Indonesia, terlihat dari data World Gold Council (WGC), dimana pada tahun 2022, permintaan emas dari Indonesia telah menembus 49,7 ton. Jumlah ini merupakan angka tertinggi sejak tahun 2019 atau sebelum pandemi COVID-19.

Pemerintah juga menargetkan investasi Indonesia pada tahun 2023 dapat mencapai angka Rp1.400 triliun.

Lanny mengungkapkan kolaborasi antara EmasKITA dan blu memungkinkan nasabah EmasKITA dapat dengan mudah melakukan transaksi perbankan di aplikasi EmasKITA tanpa harus berpindah aplikasi, mulai dari membuka rekening blu, melakukan penyambungan akun blu dengan akun EmasKITA, dan melakukan pembayaran pembelian emas secara praktis dengan mendebit rekening blu.

Adapun fitur-fitur perbankan blu di dalam aplikasi EmasKITA akan terus dikembangkan ke depannya.

Aplikasi EmasKITA merupakan platform yang memudahkan konsumen membeli dan menjual produk emas batangan EmasKITA dan perhiasan emas murni Kencana 24K+ secara fisik. EmasKITA dan Kencana 24K+ merupakan produk emas batangan dan perhiasan emas murni hasil kolaborasi PT Hartadinata Abadi Tbk dan PT Emas Antam Indonesia (entitas anak PT ANTAM Tbk).

Produk EmasKITA dan Kencana 24K+ diproduksi dengan kontrol kualitas sesuai standar ANTAM dan memiliki kemurnian 99,99 persen. EmasKITA merupakan produk emas batangan yang tersedia dari pecahan 0,1 gram hingga 100 gram.

Sementara itu, CEO PT Hartadinata Abadi Tbk Sandra Sunanto mengatakan investasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan keuntungan finansial, khususnya di masa depan. Dengan demikian, EmasKITA hadir untuk memberikan pilihan kepada masyarakat dalam menentukan investasi masa depan dengan cara yang aman dan mudah.

"Kami berharap kolaborasi ini dapat mendorong keinginan masyarakat untuk bertransaksi dan berinvestasi lewat pembelian emas yang senantiasa mendukung target investasi pemerintah Indonesia di tahun 2023,” kata Sandra.

Dengan menggunakan metode pembayaran blu by BCA Digital pada aplikasi maupun laman resmi EmasKITA, pelanggan tak perlu keluar dari laman pembayaran karena metode ini akan langsung terhubung dengan akun rekening blu yang dimiliki.

Cara untuk mengaktifkannya cukup dengan membuka profil di aplikasi EmasKITA, kemudian pilih menu "sambungkan ke blu", dan tinggal ikuti saja langkah-langkah yang harus diselesaikan.

Para nasabah dan pengguna aplikasi EmasKITA x blu dapat menikmati berbagai promo menarik yang tersedia, seperti membeli 1 gram emas memakai blu akan mendapat cashback Rp25 ribu serta mendapatkan cashback Rp40 ribu saat membuka rekening blu di aplikasi EmasKITA dan membeli 1 gram emas memakai blu.

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023