Jakarta (ANTARA) - Perlawanan ganda campuran Indonesia Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari tidak mampu menembus pertahanan solid dari wakil Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino pada babak perempat final Indonesia Open 2023 di Istora Gelora Bung Karno, Jumat.

Pasangan Jepang pun memastikan tempat di semifinal dengan kemenangan dua gim langsung 21-11, 21-18 atas wakil Indonesia.

Pasangan Jepang memulai gim pertama dengan dominan sehingga Rinov/Pitha pun tertinggal 0-4 akibat tak mampu mengembalikan serangan dan bola-bola sulit dari lawan.

Interval gim pertama pun direbut oleh Yuta/Arisa dengan skor 11-6. Selepas itu, Rinov/Pitha seakan tidak berdaya dan jatuh dalam tekanan dengan melakukan kesalahan-kesalahan sendiri hingga tertinggal 19-10, hingga akhirnya kemenangan gim pertama dipetik oleh pasangan Jepang.

Gim kedua dimulai dengan angka pertama yang didapatkan secara cuma-cuma oleh pasangan Jepang akibat bola Rinov/Pitha keluar. Namun, pasangan Indonesia mencoba memberikan tekanan dengan melakukan reli panjang untuk memperebutkan poin berikutnya, meski pada akhirnya diraih oleh Yuta/Arisa.

Baca juga: Tang/Tse emosional usai maju ke semifinal Super 1000 pertamanya

Enam poin beruntun Rinov/Pitha di gim kedua akhirnya didapatkan melalui usaha keras menembus pertahanan ganda Jepang yang merupakan sahabat sejak kecil itu. Setelah menyamakan kedudukan 3-3, pasangan Indonesia akhirnya unggul 6-3 berkat teknik permainan yang lebih beragam yang disuguhkan oleh Rinov/Pitha.

Momentum baik itu tidak ingin disia-siakan oleh Rinov/Pitha dengan terus unggul 10-7. Namun, Yuta/Arisa dengan sabar berusaha memperkecil ketertinggalan hingga akhirnya menyamakan kedudukan 10-10, dan interval gim kedua malah berhasil diraih oleh pasangan Jepang yang juga merupakan peringkat dua dunia tersebut.

Selepas interval gim kedua, Rinov/Pitha berusaha meraih poin hingga akhirnya unggul tipis atas Yuta/Arisa 12-11. Meski sempat beberapa kali memimpin, pasangan Jepang terus berusaha mengejar hingga akhirnya unggul jauh 18-14 melalui bola-bola agresifnya.

Rinov/Pitha berupaya membuka peluang dengan meraih tiga poin beruntun untuk memperkecil ketertinggalan menjadi 17-18 dan 18-19. Namun, smes pamungkas dari Yuta menutup perjuangan Rinov/Pitha sekaligus menyegel tiket semifinal.

Dengan kemenangan ini, Yuta/Arisa akan menghadapi wakil Hong Kong Tang Chun Man/Tse Ying Suet di babak semifinal. Sementara, Indonesia sudah tidak lagi memiliki wakil di nomor ganda campuran pada turnamen BWF Super 1000 itu.

Baca juga: Rajawat ungkap bermain di Istora GBK penuh dengan tekanan
Baca juga: Lee Zii Jia umumkan rehat sementara dari bulu tangkis


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023