Bahan kebutuhan pokok masyarakat tersedia secara cukup di pasaran, belum ada gejolak dampak banjir terparah di Kota Manado yang merendam 50 kelurahan di delapan dari 11 kecamatan di Kota Manado,"
Manado (ANTARA News) - Banjir dan tanah longsor yang melanda Kota Manado dan beberapa daerah di Provinsi Sulawesi Utara pada Sabtu (16/2) dan Minggu (17/2), belum mempengaruhi ketersediaan bahan kebutuhan pokok masyarakat.

"Bahan kebutuhan pokok masyarakat tersedia secara cukup di pasaran, belum ada gejolak dampak banjir terparah di Kota Manado yang merendam 50 kelurahan di delapan dari 11 kecamatan di Kota Manado," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut Sanny Parengkuan di Manado, Rabu.

Sanny mengatakan dari pantauan tim yang diturunkan ke pasar tradisional dan pasar swalayan, bahan kebutuhan pokok masyarakat tersedia secara cukup, tidak ada yang terjadi kekosongan sehingga menyebabkan kelangkaan.

"Bahan kebutuhan pokok utama masyarakat tetap tersedia di pasaran," katanya.

Tetap terjaganya stok bahan kebutuhan pokok masyarakat, kata dia, terlihat pada harga bahan kebutuhan pokok masyarakat Manado yang relatif stabil, tidak terjadi gejolak harga yang signifikan.

Untuk harga beras jenis Sultan yang banyak dikonsumsi masyarakat Manado tetap bertahan di harga Rp8.500 per kilogram (Kg), gula pasir bertahan di kisaran Rp12 ribu hingga Rp12.500 per Kg, minyak goreng curah Rp10 ribu per Kg, tepung terigu Rp7.500 - Rp7.750 per Kg, daging sapi murni Rp80 ribu, daging ayam broiler Rp26.250 per Kg, daging ayam kampung Rp55 ribu per Kg.

Harga cabai keriting Rp21.500 naik sekitar 4,88 persen dibandingkan sehari sebelumnya, tetapi cabai rawit merah yang paling banyak dikonsumsi masyarakat Manado justru turun dari Rp29.500 menjadi Rp29 ribu per Kg, bawang merah Rp25 ribu per Kg, bawang putih Rp33 ribu per Kg, kacang kedelai Rp8.000 per Kg, kacang tanah Rp21 ribu per Kg, kacang hijau Rp10 ribu, ikan asin teri Rp56 ribu per Kg.

Relatif stabilnya harga bahan kebutuhan pokok masyarakat tersebut, karena terjaganya distribusi hingga ke titik penjual eceran di pasaran.

Kendati banjir belum berdampak pada harga kebutuhan pokok masyarakat di Manado, namun tim Disperindag Sulut tetap melakukan pemantauan secara cermat setiap harinya, bila ada gejolak akan diambil langkah pencegahannya.
(G004/M026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013