Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, segera menyalurkan bantuan program beasiswa mahasiswa berprestasi asal daerah itu, baik yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Rejang Lebong Rezza Pakhlevie saat dihubungi di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan Pemkab Rejang Lebong mengalokasikan anggaran dalam APBD 2023 sebesar Rp900 juta untuk program beasiswa mahasiswa berprestasi.

Baca juga: Dikbud: 176 mahasiswa berprestasi Rejang Lebong terima beasiswa

"Saat ini kami masih menyusun rancangan Peraturan Bupati Rejang Lebong untuk program pemberian beasiswa tahun ajaran 2023/2024," kata dia.

Dia menjelaskan peraturan bupati tersebut sangat penting diterbitkan yang nantinya akan mengatur teknis pelaksanaan pemberian beasiswa dan kuota mahasiswa yang akan menerimanya.

Ia mengatakan program beasiswa mahasiswa berprestasi itu sesuai dengan visi misi Bupati Syamsul Effendi dan Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah pada kampanye pilkada serentak tahun 2020.

Baca juga: Pemkab Sigi prioritaskan program beasiswa bangun SDM unggul

Program bidang pendidikan berupa bantuan beasiswa mahasiswa ini, kata dia, diberikan pemerintah daerah setempat guna membantu mahasiswa tidak mampu asal daerah itu yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta sehingga bisa menyelesaikan pendidikannya.

Sebelumnya, pada tahun 2022 Pemkab Rejang Lebong telah memberikan beasiswa berprestasi kepada 197 mahasiswa untuk satu tahun berjalan yang dibayarkan setiap semester.

Baca juga: Pemkab Tabalong beri beasiswa kepada 90 mahasiswa tak mampu

"Beasiswa itu diberikan kepada mahasiswa asal Rejang Lebong yang kuliah di perguruan tinggi negeri maupun swasta, baik yang kuliah di Kabupaten Rejang Lebong, di wilayah Provinsi Bengkulu maupun luar daerah," katanya.

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023